Advertisement

Bupati Gunungkidul Mengecek Sendiri Retribusi Wisata di Pantai, Ini Hasilnya

Jalu Rahman Dewantara
Minggu, 17 Juni 2018 - 19:37 WIB
Nina Atmasari
Bupati Gunungkidul Mengecek Sendiri Retribusi Wisata di Pantai, Ini Hasilnya Bupati Gunungkidul, Badingah saat menyapa para wisatawan di Pos retribusi pantai selatan, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Minggu (17/6/2018). - Harian Jogja/ Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Bupati Gunungkidul, Badingah mengklaim pos retribusi wisata khususnya di kawasan pantai selatan Gunungkidul sudah berjalan baik.

Hal itu dikatakan Badingah usai lakukan monotoring ke sejumlah pos retribusi di kawasan Pantai Gunungkidul, Desa Kemadang, Tanjungsari, Minggu (17/6/2018).

Advertisement

"Kita bersyukur [dalam monitoring] yang pertama adalah kekompakan [petugas] sudah bagus dan semua saya lihat juga lancar," ujarnya.

Badingah berharap ke depan optimalisasi pos restribusi bisa lebih ditingkatkan. Hal ini untuk mengantisipasi adanya kemungkinan cacat seperti kurangnya tiket ataupun pelayanan yang kurang memuaskan.

"Hari ini [dalam monitoring] tidak ada temuan. Saya harap bisa terus ditingkatkan tidak hanya pas libur lebaran saja," jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata (Dinpar) Gunungkidul, Asti Wijayanti yang turut hadir dalam monitoring tersebut optimis tahun ini target 300.000 kunjungan wisatawan bisa tercapai. Sebab khusus untuk pos retribusi pantai selatan sisi barat dalam sehari bisa meraup 10.000 kunjungan.

"Itu hanya sehari, sementara kan libur masih panjang, jadi bisa [mencapai 300.000 kunjungan]," katanya. Adapun Pemkab Gunungkidul menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) saat libur Lebaran mencapai Rp 2,6 miliar.

Demi mencapai target tersebut, Pemkab Gunungkidul dalam hal ini Dinas Pariwisata juga telah melakukan sejumlah upaya terhadap destinasi wisata yang ada. Mulai dari penambahan personil penjaga tempat pemungutan retribusi, hingga petugas kebersihan.

Selain itu pemkab mengimbau kepada para pedagang yang ada di kawasan wisata untuk tidak memanfaatkan situasi dengan mematok harga tinggi kepada pembeli.

Adapun kawasan wisata yang menjadi andalan selain kawasan pantai di antaranya kawasan Gua Pindul, Kalisuci, dan destinasi alam lainnya seperti Gunung Api Purba Nglanggeran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement