Advertisement

Wisatawan Kecewa, Bus Wisata 2 Tingkat Hanya Beroperasi Sekali Trip

Abdul Hamied Razak
Minggu, 24 Juni 2018 - 07:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Wisatawan Kecewa, Bus Wisata 2 Tingkat Hanya Beroperasi Sekali Trip Bus Domapan - Harian Jogja/Gigih M Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA– Bus wisata tingkat Domapan diminta agar bisa beroperasi secara reguler untuk mendukung pariwisata Jogja. Pasalnya selama diujicobakan dari Taman Pintar mengelilingi kawasan Malioboro, banyak wisatawan yang tidak kebagian tempat untuk menjajal bus dua tingkat itu.

Syarifah, misalnya, wisatawan dari Medan Sumatera Utara itu mengaku kecewa tidak bisa menikmati bus Domapan. Sebab selain hanya beroperasi sekali trip, kapasitas bus hanya bisa mengangkut 25 orang. Sebanyak 12 orang di bawah dan 13 orang di atas.

Advertisement

"Kalau bisa ditambah jadwalnya. Jangan hanya sekali. Kalau bisa reguler tiap jam itu lebih bagus,” ujarnya, Sabtu (23/6/2018).

Bagi wisatawan, katanya, pengalaman menikmati bus wisata itu bisa menjadi momentum baru. Apalagi di Medan belum ada armada seperti itu. "Tapi Enggak apa-apa soalnya atraksi wisata edukasi di Taman Pintar sudah bagus. Di Medan belum ada yang seperti ini,” ungkapnya.

Sama halnya dengan Sarifah, wisatawan lokal Mustafa warga Ketandan, Jogja berharap agar bus Domapan bisa beroperasi secara reguler. Mustafa beruntung bisa menjajal bus wisata itu. "Sebelumnya saya pernah gagal naik, karena kapasitasnya nggak cukup. Cuma sekali jalan, harusnya bisa setiap jam sekali," katanya.

Dia mengatakan, naik bus tersebut gratis. Penumpang cukup menunjukan tiket masuk Taman Pintar. Dia bersama anaknya memilih duduk di bagian atas. Meski senang, Mustafa mengusulkan agar bagian atap bus yang terbuat dari plastik tersebut ditinggikan.

"Bagian atap kurang tinggi bagi orang dewasa. Perlu ditinggikan karena kurang enak kalau mengambil foto," katanya.

Dalam uji coba hari terakhir kemarin bus Domapan relatif tidak menemui kendala kemacetan. Berangkat dari Taman Pintar sekitar pukul 10.05 WIB, pada pukul 10.20 WIB bus sudah kembali. Rutenya Jalan Suryotomo, Jalan Mataram, Jalan Malioboro, Jalan Margo Mulyo, Jalan Senopati dan kembali ke Taman Pintar.

”Normalnya memang 15-20 menit, tapi saat jalanan macet kemarin bisa di atas 30 menit,” ujar salah seorang petugas.

Advertisement

Kepala Bidang Taman Pintar, Dinas Pariwisata Kota Jogja Afia Rosdiana mengaku selama uji coba bus Domapan ini menerima banyak masukan dari pengunjung. Termasuk keluhan karena gagal naik bus. Menurut dia semua kritik dan saran tersebut akan menjadi bahan pertimbangan.

“Semua masukan dan kritikan kita tampung untuk evaluasi. Saat ini bus Domapan masih tahap uji coba,” terangnya.

Afia juga menyebut selama libur Lebaran ini pengunjung ke Taman Pintar mengalami kenaikan hinga sekitar 7.000 orang per hari. Padahal pada hari biasa rata-rata sekitar 3.000 orang per hari. Meningkatnya jumlah kunjungan tersebut juga dipengaruhi perpanjangan waktu operasional Taman Pintar hingga pukul 21.00.

“Yang datang malam hari hanya sekitar seratusan orang. Tetap kami layani,” katanya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement