Advertisement

Puncak Kemarau di DIY Diperkirakan Agustus

Newswire
Rabu, 11 Juli 2018 - 08:17 WIB
Nina Atmasari
Puncak Kemarau di DIY Diperkirakan Agustus Warga menutup sinar matahari yang menyinari muka saat matahari bersinar terik di musim kemarau. - Harian Jogja/Nina Atmasari

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Puncak musim kemarau di daerah itu akan berlangsung pada Agustus 2018. Hal itu sesuai perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Yogyakarta.

"Puncak musim kemarau akan berlangsung di bulan Agustus 2018 dengan curah hujan bulanan berkisar 0-20 mm per bulan," kata Kepala Kelompok Data dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta Djoko Budiono di Yogyakarta, Senin (9/7/2018).

Advertisement

Dia menjelaskan memasuki Juli telah tercatat adanya penguatan musim kemarau. Potensi terjadinya curah hujan pada awal Juli ini diperkirakan kecil.

Jumlah curah hujan dalam sebulan tercatat berkisar 0-50 milimeter per bulan dengan kategori rendah, sedangkan kondisi cuaca pada pagi hingga siang hari umumnya cerah berawan dengan suhu pada siang hari mencapai 32-34 derajat Celcius. Suhu pada malam hari, katanya, mencapai 20-22 derajat Celcius.

Ia mengatakan berdasarkan hasil monitoring curah hujan pada akhir bulan ini, di Yogyakarta bagian selatan sebagian besar wilayahnya sudah tidak ada hujan dalam 1-2 bulan yang lalu.

"Ini berpotensi terjadinya kekeringan dari segi meteorologis, terutama di bagian selatan Yogyakarta. Kondisi ini diprediksi masih akan berlanjut hingga bulan Agustus," kata dia, seperti dikutip dari Antara.

Untuk mengantisipasi masuknya puncak musim kemarau, menurut dia, diharapkan kepada masyarakat untuk mulai menghemat air, bagi petani untuk menyesuaikan pola tanaman yang cocok dengan musim kemarau.

"Masyarakat agar menjaga kesehatan, terutama dalam beraktivitas di luar ruangan karena suhu yang cukup signifikan malam hari dingin, siang hari panas bagi nelayan untuk berhati-hati dalam melaut," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Densus 88 Menangkap Lagi Satu Terduga Teroris, Total Delapan Orang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement