Advertisement

6 Naskah Lolos dalam Lomba Penulisan Cerpen Sejarah Kota Jogja

Nina Atmasari
Selasa, 17 Juli 2018 - 21:37 WIB
Nina Atmasari
6 Naskah Lolos dalam Lomba Penulisan Cerpen Sejarah Kota Jogja Persentasi Lomba Cerita Pendek oleh Mulyantara dengan judul Raden Rangga, di Cafe Cangkir 6, beberapa waktu lalu. - Ist/Dinas Kebudayaan Kota Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Untuk menanamkan pehaman tentang nilai-nilai kesejarahan dan juga memberikan pengetahuan mengenai peristiwa sejarah lokal di Kota Jogja, Dinas Kebudayaan Kota Jogja menyelenggarakan Lomba Penulisan Cerpen Sejarah yang dibuka untuk umum.

Kompetisi ini mengambil tema “Menggali Potensi Sejarah Lokal di Kota Yogyakarta”. Diadakan mulai dari 20 Mei sampai 8 Juni 2018 untuk pengumpulan naskahnya. Hasilnya telah terkumpul sebanyak 54 naskah dari peserta dari berbagai latar belakang dan juga usia.

Advertisement

Dari ke 54 naskah tersebut setelah melalui seleksi administratif kemudian dilakukan penjurian oleh lima orang Juri yang ditunjuk oleh Dinas Kebudayaan Kota Jogja.

Dewan juri yang terdiri dari para ahli sejarah dan juga sastra tersebut adalah Bahauddin (UGM), Sardiman (UNY), Zainal Fanani (Pemerhati Pendidikan), Sudarmaji (Balaidikmen Prov. DIY) dan Mustofa W Hasyim (DKKY Kota Jogja).

Pada rapat penilaian naskah tanggal 5 Juli 2018 telah diputuskan enam naskah yang akan menjalani tahap seleksi selanjutnya yaitu presentasi oleh peserta.

Naskah-naskah tersebut meliputi Parang Rusak oleh Sulfiza Ariska, Asal Usul Wong Kalang Kotagede (Albertus Sartono), Surat Sejarah Tan Jin Sing ( Asal Usul Kampung Pecinan Ketandan Yogyakarta) oleh Hening Nugroho, Raden Rangga (Mulyantara), Rembulan Kuning di atas Plengkung Gading (Rosita Nur Anarti), dan Cunduk Ular (Theopilus Yudi Setiawan).

Seleksi tahap selanjutnya adalah presentasi oleh enam nominator tersebut di atas. Penilaian untuk presentasi ini memang tidak terlalu besar karena tahap presentasi ini adalah merupakan salah satu cara untuk cross check keaslian gagasan dan juga pemahaman penulis terhadap karya yang mereka kumpulkan.

Presentasi telah dilakukan pada 11 Juli 2018 di Cafe Cangkir 6 Bintaran Tengah pukul 14.00 WIB. Hasilnya, dewan juri akan menemukan siapa saja yang akan mendapatkan predikat Juara.

Pengumuman dan penyerahan hadiah kepada para pemenang akan dilaksanakan di tanggal 20 Juli 2018 pukul 19.00. Pelaksanaan lomba penulisan cerpen ini akan memperebutkan total hadiah Rp8,5 juta serta seluruh peserta akan mendapatkan sertifikat dari Dinas Kebudayaan Kota Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 5 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rumah Tersangka Korupsi Timah Harvey Moeis Digeledah Kejagung, Sejumlah Kendaraan Mewah Disita

News
| Sabtu, 20 April 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement