Dua Siswa DIY Jadi Calon Anggota Paskibraka Tingkat Nasional

Ilustrasi paskibraka di Istana Negara - JIBI/Abdullah Azzam
24 Juli 2018 15:37 WIB Kusnul Isti Qomah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Dua siswa di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi calon anggota pasukan pengibar bendera pusaka atau paskibraka tingkat nasional.

Kepala Seksi Pemuda, Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) DIY Slamet Latanggang mengatakan, kedua siswa tersebut yakni Muhammad Widya Hudiya Wijaya untuk calon utama putra dan Nyimas Ayu Dhivangga Syahputri untuk calon utama putri. Muhammad Widya merupakan siswa SMAN 3 Jogja dan Nyimas merupakan siswi SMAN 1 Piyungan, Bantul.

"Harpannya, mereka bisa melaksanakan tugas dengan baik dan bisa masuk kelompok delapan atau pengerek atau pengibar bendera," ujar Latanggang kepada Harianjogja.com, Selasa (24/7/2018).

Latanggang mengatakan, sebelum terpilih, mereka terlebih dahulu harus bersaing dengan banyak siswa lainnya dari berbagai SMA/SMK/MAN se-DIY. Para siswa itu harus melalui beberapa tahapan.

Mereka harus melalui seleksi tingkat kabupaten. Setelah itu, dari masing-masing kabupaten, akan dipilih delapan putra dan delapan putri terbaik untuk melaku ke seleksi tingkat provinsi.

"Untuk tingkat provinsi [DIY] ada 80 orang yang diseleksi. Dari 80 siswa diambil lagi menjadi 20 putra dan 20 putri," kata dia.

Dari 40 siswa yang terpilih, akan diambil satu putra dan satu putri terbaik untuk dikirim ke tingkat nasional. "Sisanya menjadi paskibraka DIY," tutur dia.