Advertisement

Harian Jogja dan Yayasan Pendidikan Astra Kenalkan Jurnalistik Pada Siswa Sejak Dini

Bhekti Suryani
Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:50 WIB
Bhekti Suryani
Harian Jogja dan Yayasan Pendidikan Astra Kenalkan Jurnalistik Pada Siswa Sejak Dini Puluhan siswa dari sejumlah sekolah di DIY saat berkunjung ke Kantor Harian Jogja, Kamis (16/8 - 2018). Kunjungan untuk belajar jurnalistik tersebut merupakan kerja sama Harian Jogja dengan Yayasan Pendidikan Astra Indonesia.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Puluhan siswa dari sejumlah sekolah di Bantul dan Gunungkidul belajar jurnalistik bersama Harian Jogja dan Yayasan Pendidikan Astra.

Pelatihan jurnalistik yang digelar, pada Kamis (16/8/2018) ini diikuti 36 siswa dari tiga sekolah. Yakni siswa dari SMPN 4 Pandak dan SMKN 1 Pandak Kabupaten Bantul serta siswa dari SMPN 2 Gedangsari, Gunungkidul.

Advertisement

Pelatihan pada Kamis pagi dipusatkan di SMPN 4 Pandak. Para siswa pertama-tama dikenalkan dengan dunia jurnalistik, bagaimana menulis berita serta berkunjung langsung ke Kantor Harian Jogja di Jalan AM Sangaji No.41, Kota Jogja.

Pada pertemuan yang digelar di Jogja, Wisnu Wardhana selaku perwakilan dari Harian Jogja mengenalkan bagaimana proses pembuatan berita hingga proses produksi di percetakan.

Kegiatan jurnalistik yang digelar Kamis merupakan kali kedua setelah sebelumnya, Harian Jogja bersama dengan Yayasan Pendidikan Astra juga menggelar pelatihan serupa dengan sejumlah sekolah di DIY.

Eko Widodo, salah satu guru yang mendampingi para siswa dari SMPN 4 Pandak mengungkapkan, pentingnya pelatihan jurnalistik dikenalkan kepada siswa sejak dini bahkan sejak duduk di bangku SMP.

Harapannya kata dia, setelah pelatihan para siswa dapat terampil menulis artikel. Keterampilan itu berguna dalam banyak hal seperti untuk menulis karya ilmiah, serta keperluan penerbitan majalah dinding.

“Majalah dinding itu setiap tahun kami lombakan, harapannya siswa bisa menulis untuk keperluan majalah dinding maupun karya ilmiah,” kata Eko Widodo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dugaan Pelanggaran Wewenang, Wakil Ketua KPK Laporkan Anggota Dewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 19:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement