Advertisement

Mahasiswa TI UII Ciptakan Tas Multifungsi, Dipasarkan ke Luar Negeri

I Ketut Sawitra Mustika
Jum'at, 24 Agustus 2018 - 06:50 WIB
Bhekti Suryani
Mahasiswa TI UII Ciptakan Tas Multifungsi, Dipasarkan ke Luar Negeri Para Mahasiswa yang berhasil menciptakan Tas Trendi, sebuah tas multifungsi. - Harian Jogja/ I Ketut Sawitra Mustika

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Sejumlah mahasiswa Teknik Industri (TI) Universitas Islam Indonesia (UII) berhasil menciptakan tas multifungsi yang sangat cocok untuk kegiatan traveling. Karya itu lolos seleksi untuk mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-31 yang akan dihelat di DIY.

Sejumlah mahasiswa yang membuat karya ini antara lain Muhammad Iqbal Sabit, Nuraditya Ahmad Fadhilah, Reno Dias Anggara Purba, Nazula Rukhiana Mukarromah, dan Adinda Khairunisa. Kecuali yang disebutkan terakhir, semuanya merupakan mahasiswa TI UII angkatan 2015. Sementara Adinda angkatan 2016.

Advertisement

Muhammad Iqbal Sabit, selaku ketua tim para mahasiswa itu, menjelaskan, ide membuat tas multifungsi muncul dari kegelisahan melihat banyaknya orang memiliki lebih dari satu model tas untuk berkegiatan, sehingga diperlukan inovasi produk tas komersial yang multiguna. "Tas buatan kami menjadi solusi karena multifungsi, dengan konsep 4 in 1 atau empat fungsi ada di dalam satu tas ," terangnya dalam keterangan tertulis, Kamis (23/8/2018).

Iqbal menambahkan, tas multifungsi itu diberi nama Tas Trendi. Konsep Tas Trendi adalah satu tas yang bisa ditransformasikan menjadi empat model, yaitu Backpack, Slingbag, Totebag dan Waistbag.

"Tas merupakan produk fesyen yang diminati khayalak ramai yang digunakan untuk membawa barang saat berpergian seperti saat ke sekolah, kerja atau traveling. Jenis tas sangat beragam sesuai dengan kebutuhan pengguna, karena itu diperlukan inovasi terbaru untuk mengikuti tren zaman," ujar Iqbal.

Selain bisa ditransformasikan jadi empat jenis tas, pada Tas Trendi terdapat kalimat motivasi yang dapat dipesan oleh pembeli sehingga nantinya pembeli dapat memilih kata motivasinya sendiri. Hal ini dilakukan karena fesyen merupakan salah satu media yang strategis sebagai sarana penyampaian pesan motivasi dan memperkenalkan keanekaragaman kain tradisional di Indonesia.

Dengan inovasi tas ini, ia berharap kebutuhan tas multifungsi di masyarakat khususnya di kalangan traveler dan anak muda dapat terpenuhi. "Selain itu, pangsa pasar dari produk ini, harapannya dapat mencapai lingkup daerah, nasional, hingga kawasan Asia Tenggara sehingga dapat mencapai tujuan produk ini sebagai pelopor industri kreatif dan dapat bersaing di Masyarakat Ekonomi Asean," kata Iqbal.

Pada bulan Juli 2018 lalu, Tas Trendi telah dipamerkan di acara bertajuk Singapore Sustainability Showcase 2018: Rethinking Innovation, yang dihadiri oleh Desmond Lee, Minister for Social and Family Development and Second Minister in the Ministry of National Development serta 400 masyarakat Singapura.

Dalam membuat Tas Trendi, para Mahasiswa itu bekerja sama dengan Anas Production untuk membantu produksi. Sedangkan untuk pemasaran di Singapura, mereka berkolaborasi dengan Fairmarch dan Allysia untuk pemasaran di Myanmar, Malaysia, Filipina serta Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Polisi Tembak dan Serang DC, APPI Jelaskan Duduk Permasalahannya

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement