Advertisement

Asyik, Perekaman Data E-KTP di Sekolah Segera DIrealiasikan

Herlambang Jati Kusumo
Minggu, 02 September 2018 - 15:20 WIB
Arief Junianto
Asyik, Perekaman Data E-KTP di Sekolah Segera DIrealiasikan Ilustrasi KTP elektronik./Harian Jogja - Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul segera menindaklanjuti sejumlah pemilih yang belum masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) lantaran belum memiliki e-KTP.

Ketua KPU Gunungkidul Moh. Zaenuri Ikhsan mengaku akan segera berkoordinasi dengan sekolah untuk melakukan perekaman data e-KTP. “Besok (Rabu, 5/9) kami mengundang semua kepala SMA/SMK/MA untuk koordinasi persiapan perekaman data e-KTP di sekolah masing-masing," kata Zaenuri, Sabtu (1/9/2018).

Advertisement

Dia berharap setidaknya saat waktu pemungutan suara 17 April 2019 mendatang, masyarakat atau pemilih pemula sudah punya e-KTP dan bisa menggunakan hak pilih. Adapun jumlah DPT di KPU Gunungkidul sendiri tercatat ada 597.432 pemilih. Sementara yang belum masuk DPT atau dicoret karena kendala e-KTP ada 6.101.

Selain menyoroti masalah pemilih yang belum memiliki KTP elektronik pihak KPU Gunungkidul juga mempersiapkan untuk penetapan Daftar Calon Tetap (DCT).

“Penetapan DCT Kamis (20/9). Kami tengah persiapan. Kampanye sendiri dimulai tiga hari setelah penetapan. Kami juga mengimbau ke parpol atau Bacaleg untuk tidak kampanye sebelum waktunya," katanya.

Sebelumnya Komisioner Bidang Pengawasan, Humas, dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Gunungkidul, Rosita, mengatakan agar pihak KPU Gunungkidul dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Gunungkidul, agar memfasilitasi daftar pemilih yang belum memiliki e-KTP. Selain itu saat pemetaan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) juga disinggung masalah calon anggota legislatif yang menyalahi aturan kampanye. "Ya kami akan awasi untuk proses kampanye, termasuk politik uang yang masih rawan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement