Advertisement

PMI DIY Kirimkan 66 Orang ke Temu Karya Relawan PMI Tingkat Nasional

Sunartono
Minggu, 09 September 2018 - 10:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
PMI DIY Kirimkan 66 Orang ke Temu Karya Relawan PMI Tingkat Nasional Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X (depan, tiga kiri) berfoto bersama peserta Temu Karya Relawan PMI, Jumat (7/9/2018). - Ist/PMI DIY

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta KGPAA Paku Alam X melepas secara resmi 66 orang peserta Temu Karya Relawan PMI Tingkat Nasional VI 2018 Kontingen Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PMI DIY) di Gedung Pracimasono, Kompleks Kepatihan Pemda DIY, Jumat (7/9/2018).

Temu Karya Relawan PMI Tingkat Nasional VI 2018 akan diselenggarakan di Kompleks Graha Tirta Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat pada 17-22 September 2018 diikuti sekira 3.000 peserta yang berasal dari 34 provinsi termasuk peserta dari luar negeri lebih kurang 200 orang.

Advertisement

Ketua PMI DIY GBPH Prabukusumo menuturkan, temu karya merupakan ajang berkumpulnya relawan seluruh Indonesia dalam mengevaluasi dan meningkatkan peran relawan dalam program pelayanan PMI yang dilakukan setiap 5 tahun sekali di tingkat nasional.

“Kegiatan Temu Karya dikemas melalui pertemuan, pertukaran pengetahuan, keterampilan dan sikap relawan, melakukan karya bakti di masyarakat, simulasi masa darurat dan damai, bergembira dengan kegiatan seni, budaya dan olahraga. Sebagai diamanatkan Undang-undang Nomor 1 Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan, salah satu tugas PMI adalah Pembinaan Relawan”, jelas Gusti Prabu.

Menurutnya, kegiatan tahun ini momentum yang tepat untuk memberikan penghargaan kepada relawan yang merupakan ujung tombak PMI. "Maka bertepatan dengan 17 September adalah hari ulang tahun PMI ke-73 tema yang diusung adalah Semangat Kepahlawanan Relawan”.

Sementara itu, Lipur Riyantingtyas, Wakil Ketua Bidang Palang Merah Remaja dan Relawan PMI DIY mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan karakter kepalangmerahan, kualitas dan kepemimpinan relawan PMI untuk mendukung kapasitas organisasi dan pelayanan secara profesional.

Kegiatan yang rencananya akan dibuka langsung oleh Presiden ini dikemas dalam bentuk perkemahan di lapangan dan home stay di masyarakat. Peserta dari unsur relawan Korps Sukarela unit Markas dan Perguruan Tinggi, relawan berlatar belakang profesional yang tergabung dalam Tenaga Sukarela dan Donor Darah Sukarela. Sementara, untuk Kontingen PMI DIY yang berjumlah 66 orang terdiri dari relawan, staf dan pengurus PMI se-DIY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement