Advertisement

Jumlah DPT di Kulonprogo Berkurang 664 Orang

Beny Prasetya
Jum'at, 14 September 2018 - 20:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Jumlah DPT di Kulonprogo Berkurang 664 Orang Ilustrasi Pemilu - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kulonprogo mencoret 664 nama dalam daftar pemilih tetap (DPT). Berdasar hasil verifikasi, ratusan orang dicoret dari DPT lantaran masih berusia dibawah umur dan telah meninggal dunia.

Ketua KPU Kulonprogo, Muh Isnaini, menyatakan dari 334.153 daftar pemilih tetap yang ditetapkan Agustus lalu mengalami penurunan sebanyak 644 pemilih. Menurutnya setelah ada perbaikan DPT, jajarannya hanya mencatat 333.509 orang yang masuk dalam DPT Hasil Perbaikan (DPTHP). "Dicoret lantaran ada yang meninggal dan ada yang belum cukup umur," katanya, Jumat (14/9/2018).

Advertisement

Ia juga menyebutkan jajarannya telah mengadakan rapat pleno terbuka di Ruang Sermo kompleks Pemkab Kulonprogo. Hasilnya sejumlah perbaikan yang dibuat telah diterima oleh Bawaslu Kulonprogo dan sejumlah pengurus partai politik (parpol) di Kulonprogo

Anggota KPU Kulonprogo, Marwanto, mengatakan sebelum dilakukan pleno, jajarannya bersama bawaslu dan perwakilan parpol telah koordinasi dalam pencermatan dan penyandingan data DPT. "Koordinasi diikuti Bawaslu melalui panwascam, dan pengurus partai di tingkat kecamatan, seluruh perbaikannya telah selesai dan disepakati," katanya.

Ia menjelaskan, perbaikan ini diupayakan bakal menjadi keseriusan KPU tentang keabsahan DPT. Apabila masih terjadi penambahan daftar pemilih akibat mutasi kependudukan serta bertambahnya pemilih pemula, KPU bakal memasukkan dalam daftar pemilih khusus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement