Advertisement

Bantul Segera Buka Lelang 4 Jabatan Eselon II

Ujang Hasanudin
Selasa, 18 September 2018 - 15:10 WIB
Laila Rochmatin
Bantul Segera Buka Lelang 4 Jabatan Eselon II ILustrasi lelang jabatan - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Pemerintah Kabupaten Bantul segera membuka pendaftaran promosi jabatan eselon II dalam pekan ini. Lelang jabatan tinggi ini terbuka untuk umum, baik aparatur sipil negara (ASN) Bantul maupun kabupaten/kota atau bahkan luar DIY.

"Siapa pun yang memenuhi syarat dan dari Pemkab mana saja boleh mendaftar," kata Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Bantul, Danu Suswaryanta, Selasa (18/9/2018).

Empat jabatan eselon II yang akan dilelang tersebut adalah jabatan kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Satu jabatan lagi adalah Sekretaris Daerah (Sekda) yang segera ditinggalkan Riyantono pada 1 November nanti karena pensiun.

Advertisement

Danu mengungkapkan sejumlah syarat di antaranya adalah pejabat administrator dengan usia maksimal 53 tahun, memiliki pengalaman kerja untuk setiap jabatan yang akan dilamar, memiliki rekam jejak yang bagus dan berintegritas.

Bagi yang memenuhi syarat akan diuji kelayakannya secara transparan oleh panitia seleksi (pansel) yang sudah dibentuk. Anggota pansel terdiri dari Pemerintah Kabupaten Bantul, Pemda DIY, akademisi dan perwakilan Badan Kepegawaian Nasional (BKN).
Saat ini Pemkab tinggal menunggu izin dari Gubernur DIY agar rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) keluar.

"Harapannya izin Gubernur sudah keluar dalam pekan ini. Kalau sudah keluar pekan ini, kami langsung umumkan pendaftaran karena beberapa persiapan sudah dilakukan," ujar Danu.

Jabatan kepala DLH Bantul kosong sejak awal Agustus lalu setelah ditinggal Masharun Ghozali yang masuk usia pensiun. Kepala Satpol PP juga sudah pensiun. Sementara jabatan kepala BPBD dilelang karena ada kenaikan status instansi dari badan menjadi setingkat dinas. Ketiga jabatan eselon IIB di OPD tersebut saat ini diisi oleh pelaksana tugas (PLT).

Sekda Bantul Riyantono mengatakan lelang jabatan harus dilakukan karena jabatan pelaksana tugas tidak akan optimal. Ia berharap lelang jabatan empat jabatan eselon II selesai pada September-Oktober ini. Menurut dia, proses lelang akan dibagi dalam dua tim untuk lelang jabatan sekda dan jabatan tiga OPD. Lelang jabatan sekda akan didahulukan.

Ia menegaskan lelang jabatan tidak ada istilah putra daerah, melainkan terbuka untuk umum bagi yang memenuhi syarat dan tentunya yang berminat. Banyak ASN yang memenuhi syarat namun enggan mendaftar karena tidak berminat.

Disinggung soal rencana karier setelah pensiun per 1 November nanti, pria yang akrab disapa Toni ini mengaku belum ada. Sementara ia akan fokus memperhatikan keluarga dan mengasuh cucu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Program Desa Bersih Narkoba Bisa Menggunakan Dana Desa

News
| Selasa, 23 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement