Advertisement

Panglima TNI : Lihat Tentara Tidak Netral saat Pemilu, Langsung Laporkan

Irwan A Syambudi
Kamis, 20 September 2018 - 21:50 WIB
Bhekti Suryani
Panglima TNI : Lihat Tentara Tidak Netral saat Pemilu, Langsung Laporkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan ziarah di Taman Makam Pahlawan Kusumanegara, Kota Jogja, Kamis (20/9/2018). - Harian Jogja/Irwan A. Syambudi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Pemilu 2019 bakal memasuki masa kampanye pada 23 September 2018. Tentara Nasional Indonesia (TNI) diminta menjaga netralitasnya selama tahapan pemilu, jika melanggar bakal diberikan sanksi tegas.

Hal itu diungkapkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto usai ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kusumanegara, Kota Jogja, Kamis (20/9/2018). Menurutnya netralitas TNI menjadi hal yang mutlak dalam pemilu. Oleh sebab itu dirinya telah membuat panduan untuk para anggotanya di lapangan.

Advertisement

"Netralitas pasti dan saya sudah mengeluarkan buku saku untuk pegangan para prajurit di lapangan," kata dia.

Dengan adanya buku saku diharapkan menjadi panduan yang jelas bagi para anggota TNI di lapangan. Namun jika masih ada yang melanggar dan bersikap tidak netral, maka pihaknya tidak akan segan-segan memberikan saksi tegas.

Apabila masyarakat melihat ada anggota TNI yang tidak netral dalam pemilu, agar langusung melapor agar segera ditindaklanjuti. "Apabila ada yang melanggar itu sanksinya sangat berat. Saksinya sangat tegas, karir saksinya, kalau sudah karir sudah selesai," kata Hadi.

Jika terlibat politik dalam pemilu, kata Hadi sesuai aturan TNI harus mengundurkan diri atau pensiun terlebih dahulu. Jika masih menjadi anggota TNI, maka tidak boleh terlibat, termasuk menjadi tim sukses salah satu kubu.

Namun di sisi lain, ia memastikan TNI akan ikut mensukseskan Pemilu dengan melakukan pengamanan bersama dengan Polri. "TNI akan selalu berkoordinasi membantu Polri dalam pengamanan pemilu," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement