Permohonan Pembuatan SKCK di Bantul Melonjak

Warga mengantre untuk mengurus SKCK di ruang pelayanan Satuan Intelkam Polres Bantul, Rabu (19/9/2018). - Harian Jogja/David Kurniawan
20 September 2018 10:10 WIB David Kurniawan Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Layanan permohonan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) di Polres Bantul meningkat seiring proses pembukaan rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS). Meski naik signifikan, proses pelayanan diklaim tetap berjalan lancar.

Kepala Sub Bagian Humas Polres Bantul AKP Sulistiyaningsih mengatakan kenaikan permohonan SKCK sudah terjadi sejak Selasa (18/9/2018). Lonjakan itu terjadi tidak lepas dari  pembukaan lowongan CPNS dan rekrutmen anggota TNI.

Pendaftaran kedua lowongan disyaratkan adanya berkas SKCK dari kepolisian. Hal ini berdampak pada layanan di Polres Bantul. Menurut dia, jika di hari-hari biasa pemohonan hanya ada 70-100 orang per hari, mulai kemarin melonjak di kisaran 200-260 pemohon per hari. “Kenaikannya lebih dari 100 persen,” kata Sulis, Rabu (19/9/2018).

Meski ada kenaikan, dia memastikan layanan tetap berjalan dengan normal dan tidak ada hambatan. Masyarakat dapat mengakses layanan seperti biasa. “Semua sudah ada aturannya dan standar operasional prosedur [SOP]. Jadi, itu menjadi patokan kami dalam memberikan layanan,” ucap dia.

Salah seorang pemohon SKCK di Polres Bantul, Risna mengatakan proses pencarian surat keterangan ini rencananya digunakan untuk mendaftar CPNS yang mulai dibuka tahun ini. “SKCK menjadi syarat untuk melamar. Jadi, hari ini [kemarin] saya mengurus untuk mendapatkan surat keterangan tersebut,” kata Risna.

Menurut dia, meski ada antrean dalam pelayanan semua masih dalam tahap yang wajar. Hal ini terlihat dari jumlah antrean yang tidak terlalu panjang dan kondisi di ruang pelayanan masih memadai. “Mudah-mudahan segera terbit sehingga saya bisa mengurus proses pendaftaran,” ucap dia.