Masih Banyak DPT Bermasalah, Perbaikan Dilakukan hingga Dua Bulan Ke Depan

Ilustrasi Pemilu - JIBI
25 September 2018 18:15 WIB Fahmi Ahmad Burhan Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sleman melakukan pencermatan setiap pekan untuk mendata daftar pemilih tetap (DPT) bermasalah. DPT bakal diperbaiki sampai dua bulan ke depan.

Ketua Bawaslu Sleman, Abdul Karim Mustofa, mengatakan jajarannya terus melakukan pencermatan DPT setiap pekan. Laporan pada pekan lalu ada 178 pemilih ganda NIK, tanggal lahir, dan nama yang sama. Selain itu, Bawaslu juga menemukan 14 data pemilih dengan tanggal lahir invalid, 80 NIK invalid, 93 NIK non-Sleman, lima alamat yang kosong, dan ada 223 data usia kurang dari 17 tahun dan belum menikah. "Kami setiap pekan selalu melakukan pencermatan, panitia pengawas kecamatan [Panwascam] nantinya memberikan laporan," katanya, Selasa (25/9/2018).

Sebelumnya, Bawaslu Sleman sudah memberikan laporan ke KPU Sleman perihal masih ditemukannya data pemilih ganda sebanyak 2.922 data NIK, nama dan tanggal lahir yang sama. Ketua KPU Sleman Ahmad Shidqi mengatakan dari DPT yang sudah ditetapkan sebanyak 764.536 nama, jajarannya mencoret 2.965 nama, termasuk laporan dari Bawaslu tersebut. Shidqi mengatakan KPU akan kembali menetapkan DPT hasil perbaikan selama dua bulan ke depan.

"Terus menerus DPT kami perbaiki. Disepakati dua bulan ke depan KPU dan Bawaslu akan melakukan pencermatan dan identifikasi kembali pemilih ganda," ujar Shidqi. Ia mengatakan selagi melakukan pencermatan. KPU juga akan memasukan data masyarakat yang belum terdaftar dan masih melakukan perekaman e-KTP.