Korban Laka Laut Pantai Sedahan Ditemukan Meninggal Dunia

Tim Sar Satlinmas Wilayah I Gunungkidul saat prosesi pencarian korban laka laut di Pantai Sedahan, Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunungkidul, Selasa (25/9). - Ist/ dok SAR
26 September 2018 09:37 WIB Jalu Rahman Dewantara Gunungkidul Share :

Harianjogjacom, GUNUNGKIDUL-Korban laka laut yang sempat hilang di Pantai Sedahan, Desa Jepitu, Girisubo pada Selasa (25/9/2018) siang telah ditemukan dalam kondisi tak bernyawa, Rabu (26/9/2018).

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah I Gunungkidul Sunu Handoko Bayu Sagara mengatakan, korban yakni Sutijan, 35, ditemukan di bawah tebing sebelah barat TKP pada Rabu (26/9/2018) sekitar pukul 05.00 WIB.

"Petuga SAR melihat ada manusia tergeletak di bawah tebing, saat itu kondisi pencahayaan masih kurang, jadi kami pastikan dulu, dan ternyata benar itu memang korban [Sutijan]," ucap Sunu kepada Harianjogja.com, Rabu pagi.

Sunu menjelaskan Sutijan saat ditemukan dalam posisi tengkurap dan sudah tak bernyawa. Korban lantas dievakuasi tim SAR lalu dibawa ke Puskesmas Girisubo untuk dilakukan otopsi. "Setelah itu kami bawa ke rumah duka untuk kemudian dimakamkan pihak keluarga korban," jelasnya.

Atas kejadian ini, Sunu mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk berhati-hati saat bermain di pantai.
Dia meminta kepada masyarakat untuk selalu patuhi segala peringatan baik secara lisan maupun papan dari SAR. "Selain itu peringatan dari warga sekitar yang lebih hafal dengan karakter gelombang pantai setempat harus menjadi perhatian masyarakat," ucapnya.

Sebelumnya, dua orang tengelam di Pantai Sedahan, Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo pada Selasa (25/9/2018). Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 14.30 WIB. Satu korban berjenis kelamin perempuan atas nama Wulandari Rahayu, 21, ditemukan dalam kondisi tewas. Sementara, korban lainnya yakni seorang laki-laki bernama Sutijan, 35, masih dalam proses pencarian.

Kedua korban tersebut datang ke Pantai Sedahan bersama kerabatnya pada pukul 13.00 WIB. Kemudian, salah satu korban, Wulandari bersama kerabatnya bermain di pinggir laut untuk mandi. Sementara korban lainnya yakni Sutijan saat itu tengah menunggu di pinggir pantai.

Namun nahas, saat mandi Wulandari justru terbawa ombak hingga ke tengah laut. Kerabat korban yang saat itu ikut mandi lantas berteriak minta tolong. Tak berselang lama Sutijan turun ke laut dan berusaha menolong Wulandari. Namun, ternyata tidak berhasil dan keduanya justru terbawa arus.