GKR Hemas: Kunjungan Jokowi ke Kraton Tak Bahas Dukungan Capres

Rombongan mobil Presiden Joko Widodo memasuki Kraton Ngajogyakarta Hadinngrat, pada Jumat (28/9/2018). - Harian Jogja/Irwan A. Syambudi
28 September 2018 12:17 WIB Irwan A Syambudi Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Sebelum melaksanakan sejumlah agenda kenegaraan di DIY, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan diri berkunjung ke Kraton Ngajogyakarta Hadinngrat Jumat (28/9/2018). Menurut GKR Hemas kunjungan tersebut hanya silaturahmi biasa.

Dalam kunjungan ke Kraton di luar agenda kenegaraan itu, Jokowi bertemu dengan Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan HB X yang juga Gubernur DIY berserta istirnya GKR Hemas. Usai pertemuan hampir satu jam mulai pukul 08.10 WIB itu GKR Hemas mengungkapkan apa saja yang dilakukan presiden di dalam Kraton.

Selain makan bersama, Jokowi dan Keluarga Sultan hanya mengobrol ringan. Menurut GKR Hemas, tidak ada obrolan mengenai politik dalam pertemuan tersebut. "Enggak ada [diskusi masalah bangsa dan politik]. Kalau ada saya tahu," katanya.

Saat ditanya mengenai dukungan Kraton ke Jokowi sebagai salah satu calon presiden 2019-2024, GKR Hemas juga mengakui tidak ada pembahasan itu. "Belum bicara masalah itu tadi," ujarnya.

"Tadi kan cuma makan, makanan kecil tidak ada pembahasan yang spesifik. Malah saya yang tanya cucu, saya mau nambah cucu juga. Tidak ada minta doa restu [sebagai calon presiden]. Dukungan tidak ada. Tadi lebih santai kok karena setiap kali kan juga ketemu di Jakarta kalau ada acara," kata GKR Hemas.