Advertisement

Jelang Tahun Politik, Banyak Caleg Ikut Menunggu Pembukaan Cupu Panjala

Jalu Rahman Dewantara
Selasa, 02 Oktober 2018 - 00:17 WIB
Nina Atmasari
 Jelang Tahun Politik, Banyak Caleg Ikut Menunggu Pembukaan Cupu Panjala Ribuan warga telah memadati rumah Dwijo Sumarto yang digunakan untuk prosesi ritual pembukaan Cupu Kyai Panjala di Dusun Mendak, Desa Girisekar, Kecamatan Panggang, Gunungkidul, Senin (1/10/2018). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Advertisement


 

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Tradisi pembukaan cupu panjala di Gunungkidul pada Selasa (2/10/2018) ini lebih ramai daripada beberapa tahun sebelumnya karena mendekati tahun politik.

Kepala Desa Girisekar, Sutarpan mengatakan prosesi pembukaan cupu dilangsungkan lewat tengah malam. Namun sebelum itu, dilakukan tradisi membagikan seluruh makanan kepada para pengunjung.

"Nanti pembukaan cupu tergantung proses memasaknya selesai jam berapa, biasanya tengah malam," ucapnya, Senin (1/10/2018) malam.

Dijelaskan Sutarpan, untuk tahap pertama makanan yang disajikan yakni nasi uduk dengan lauk ayam, dan rawisan. Beberapa menit sebelum pembukaan dilanjutkan dengan kenduri kedua.

Namun ada yang berbeda. Pengunjung diwajibkan memakan setiap piring nasi gurih dengan lauk peyek, srondeng hingga adrem dan harus dimakan sepiring berdua. Siapa yang ada didekatnya, itulah teman makannya.

"Tahun ini ada 45 ingkung yang berasal dari masyarakat yang tahun lalu memiliki keinginan tercapai,"ucapnya

Dikatakan Sutarpan, untuk ritual tahun ini pengunjung yang datang bisa dipastikan lebih banyak dibanding tahun lalu. Sebab, selain cuaca yang mendukung, karena tidak hujan seperti tahun lalu, saat ini juga sedang memasuki tahun-tahun politik. Maka tidak heran jika para pengunjung yang datang ini selain warga biasa di antaranya juga para calon legislatif.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 1 hour ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement