Advertisement

PPI Tiongkok Galang Dana Rp185 Juta untuk Palu dan Donggala

Bhekti Suryani
Sabtu, 20 Oktober 2018 - 00:50 WIB
Bhekti Suryani
PPI Tiongkok Galang Dana Rp185 Juta untuk Palu dan Donggala Bantuan untuk korban gempa Palu dan Donggala dari Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Tiongkok . - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Tiongkok berhasil menggalang dana bantuan sebesar Rp185 juta lebih untuk korban bencana gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, Minggu (14/10/2018). Penggalangan dana bertajuk “Kita Peduli” secara online tersebut dimulai dari 29 September-8 Oktober 2018. Total dana yang diperoleh yaitu sebesar Rp186.458.439.

Ketua Panitia Donasi PPI Tiongkok untuk Palu dan Donggala Fadlu mengatakan, penggalangan dana dilakukan secara online, baik itu melalui akun Bank BCA dan Mandiri maupun aplikasi pembayaran online, seperti wechat payment dan alipay. Pengumpulan donasi ini dilakukan oleh Departemen Sosial dan Pengabdian Masyarakat PPI Tiongkok dengan membentuk Panitia Kita Peduli.

Advertisement

Menurut Fadlu bantuan yang terkumpul melalui wechat payment mencapai RMB 56.285,72 dengan jumlah donatur 557 orang. Jika dirupiahkan berkisar Rp122 juta. Sedangkan hasil donasi di akun alipay adalah sebesar RMB 17.122,01 dengan jumlah donatur 141 orang atau setara dengan Rp37 juta. Kemudian penerimaan bantuan di rekening Bank BCA atas nama Dinda Ramadita yaitu Rp 22.123.900 dengan jumlah donatur 44 orang. Sedangkan hasil donasi di rekening Bank Mandiri atas nama Dinda Ramadita berjumlah Rp 5.937.900 dengan jumlah donator 19 orang.

“Sumbangan tersebut berasal dari masyarakat Indonesia dan asing, khususnya yang sedang berada di Tiongkok,” ujar Fadlu.

Fadlu menjelaskan, penyaluran bantuan sudah dilaksanakan sejak 9 Oktober 2018. Bantuan disalurkan secara langsung ke kota Palu dan Donggala melalui perwakilan alumni PPI Tiongkok, yaitu Marwah dan Fahmi.

“Sejauh ini bantuan yang disalurkan berupa 4 ton beras, air mineral, obat-obatan, kebutuhan sandang, kebutuhan balita, selimut, makanan cepat saji, dan kebutuhan pokok lainnya,” sebutnya.

Selain itu, lanjut Fadlu, PPI Tiongkok juga menyalurkan bantuan berupa uang sebesar Rp 40.000.511 melalui PPI Dunia.

“Kami selaku panitia Kita Peduli mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang sudah terlibat dalam penggalangan dana, khususnya kepada mahasiswa-mahasiswa Indonesia dan mahasiswa asing yang sudah turut menyumbang di kesempatan ini,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement