Advertisement

Ombudsman DIY Ajak Siswa Mengenal Layanan Publik Lewat Lomba

Rahmat Jiwandono
Senin, 29 Oktober 2018 - 22:17 WIB
Nina Atmasari
 Ombudsman DIY Ajak Siswa Mengenal Layanan Publik Lewat Lomba Empat orang siswa ikut lomba kreativitas mengenal layanan publik di DIY di SMA Negri 2 Bantul, Senin (29/10/2018). - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Ombudsman Provinsi DIY mengadakan lomba kreativitas 'seberapa greget kamu' dengan tema layanan publik DIY di SMA Negeri 2 Bantul, Senin (29/10/2018).

Ombudsman adalah seorang penjabat atau badan yang bertugas menyelidiki berbagai keluhan masyarakat.

Advertisement

'Seberapa greget kamu' merupakan guyonan dengan memberikan tanggapan absurd dari pernyataan yang seharusnya. Contoh 'kemarin gue ditilang, terus? gue yang disita motornya disuruh pulang ambil STNK'.

Guyonan seperti ini sedang ramai dibicarakan di sosial media manapun.

Kepala Perwakilan Ombudsman DIY, Budhi Masthuri, mengatakan acara ini adalah sosialisasi Ombudsman dalam mengenalkan pelayanan publik kepada generasi milenial. "Kami kemas sosialisasi ini dengan tren yang sedang ramai di sosial media, misal pakai cara konservatif pasti mereka bosan," kata dia.

Panitia acara lomba kreativitas 'seberapa greget kamu' dari SMA Negeri 2 Bantul, Suwartini, menjelaskan pihak sekolah ingin mengetahui tanggapan dan seberapa jauh pengetahuan murid-muridnya tentang layanan publik di DIY.

"Kami bekerja sama dengan Ombudsman Provinsi DIY untuk membantu mensosialisasikan apa saja layanan publik di DIY," ujar dia.

Lomba di SMA N 2 Bantul diikuti oleh tujuh kelas IPA dan IPS dari kelas satu sampai kelas tiga. Total ada 26 kelas.

Acara ini digelar dari 29 Oktober sampai 09 November 2018. Peserta lomba minimal terdiri dari tiga orang dan paling banyak lima orang. Ada pun tema yang dilombakan meliputi layanan publik yaitu infrastruktur lalu lintas, kepolisian, pelayanan kesehatan, pelayanan pendidikan, kesehatan umum, listrik, lingkungan hidup, dan kependudukan.

Final lomba 'seberapa greget kamu' bakal digelar pada 11 November mendatang.  Hadiah perlombaan juara pertama mendapat uang Rp1,5 juta, juara dua Rp1 juta, dan juara tiga Rp750 ribu.

Poin-poin yang menjadi penilaian dewa juri adalah kesesuaian dengan tema, reaksi penonton, keunikan, dan properti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement