Begini Cara Karang Taruna Jogja Mengimplementasikan Nilai Kepahlawanan

Penyerahan sembako secara simbolis kepada penyandang masalah kesejahteraan sosial di Kecamatan Mergangsan saat digelarnya Bulan Bakti Karang Taruna, Minggu (11/11/2018). - Istimewa
14 November 2018 20:20 WIB Arief Junianto Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pemuda Jogja diharapkan mampu mengimplementasikan nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan bermasyarakat. Atas dasar hal itu, Karang Taruna Jogja menggelar Bulan Bakti Karang Taruna dengan tajuk Migunani Kagem Sesami, Minggu (11/11/2018).

Ketua Karang Taruna Jogja, Solihul Hadi, mengatakan ada beragam kegiatan dalam Bulan Bakti Karang. Di antaranya adalah senam ceria, upacara, bakti sosial pemberian sembako pada penyandang masalah kesejahteraan sosial, serta ziarah ke makam pahlawan dan sarasehan.

"Acara berlangsung di Taman Inspirasi Brontokusuman, Mergangsan, Jogja. Acara itu diinisiasi oleh Karang Taruna Kota Jogja bersama Dinas Sosial Jogja," ujarnya melalui siaran pers yang diterima Harian Jogja, Rabu (14/11).

Dia mengatakan acara yang sejatinya merupakan agenda tahunan tersebut diharapkan mampu mendongkrak semangat kesetiakawanan sosial serta mengeksplorasi gagasan pemuda yang penuh inspiratif. "Tujuannya agar sebagai generasi milenial, pemuda tidak mudah terprovokasi dengan tetap menjaga semangat persatuan dan kesatuan di tahun politik, serta mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi di era revolusi industri 4.0 saat ini," ujar dia.

Karang taruna sendiri merupakan organisasi sosial kemasyarakatan yang berfungsi sebagai wadah dan sarana pengembangan setiap pemuda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat di wilayah desa maupun kelurahan atau komunitas adat sederajat terutama bergerak di bidang usaha kesejahteraan sosial. Dengan begitu karang taruna memang memiliki peran yang sangat besar dalam mewujudkan kesejahteraan sosial bagi pemuda.

Kepala Bidang (Kabid) Data Informasi dan Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Kota Jogja Esti Setyarsi menjelaskan selain untuk memperingati HUT Karang Taruna, melalui Bulan Bakti Karang Taruna diharapkan pengurus Karang Taruna se-Kota Jogja mulai dari tingkat unit, kelurahan, kecamatan, dan kota dapat lebih solid.

Wakil Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia Kota Jogja Peltu (Purn) Suniyat berharap bersamaan dengan Hari Pahlawan Nasional diharapkan para pemuda di Jogja dapat mengimplementasi nilai-nilai kepahlawanan ddalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Sedangkan Ketua Panitia Bulan Bakti Karang Taruna Muhammad Iqbal Hardian mengungkapkan terima kasih pada semua pihak yang terlibat, juga pada komunitas Ketjil Bergerak. "Kegiatan ini bertujuan menjadikan karang taruna sebagai kebanggaan, solidaritas, kebermanfaatan sosial dan membangun kekeluargaan," ujar dia.