Pesawat Garuda GA210 PK-GFY Over Run di Bandara Adisutjipto Yogyakarta

Ilustrasi Pesawat Garuda Indonesia/(Bisnis - Felix Jody Kinarwan)).
25 November 2018 22:34 WIB Kusnul Isti Qomah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN - Pesawat Garuda Indonesia Nomor Penerbangan GA210 registrasi PK-GFY dari Jakarta menuju Yogyakarta mengalami over run di ujung runway 27 saat mendarat di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Minggu (25/11/2018). Tidak ada korban jiwa dan gangguan penerbangan dalam kejadian ini.

Pesawat yang membawa 153 penumpang yang terdiri dari 148 penumpang dewasa, tiga anak dan dua bayi itu mendarat pukul 14.00 WIB melalui Runway 09 (barat) - 27 (timur) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.

Petugas sisi udara PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta bersama Tim Teknik Garuda Maintenance Facility (GMF) dan Groundhandling  Garuda Indonesia segera menuju ke tempat kejadian untuk melakukan evakuasi.

Berkat kesigapan dari petugas gabungan, pesawat dapat dipindahkan dari ujung Runway 27 menuju Apron (Parking stand 1) melalui taxiway N4 dan NP untuk dilakukan pemeriksaan.

Pukul 14.24 WIB, Petugas PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta melakukan pengecekan Landasan (Runway Inspection).

Dari hasil pengecekan tersebut tidak ditemukan kerusakan di area landasan sehingga bandara dapat dioperasionalkan kembali pukul 14.34 WIB. Hingga malam,  operasional penerbangan di Bandara Intenasional Adisutjipto berjalan normal.

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama menyatakan, pascakejadian tersebut pernerbangan di Bandara Adisutjipto Yogyakarta berjalan normal, tidak ada penerbangan yang terdampak serta tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut.

"Operasional penerbangan berjalan normal di Bandara Adisutjipto pascakejadian ini, juga telah dilakukan pengecekan melalui inspeksi runway guna memastikan keamanan di area landasan,” jelas Agus Pandu Purnama dalam rilisnya, Minggu.