Advertisement

Kampung Terus Datangkan Pelancong

Sunartono
Jum'at, 14 Desember 2018 - 21:20 WIB
Arief Junianto
Kampung Terus Datangkan Pelancong Dispar DIY Penampilan tarian anak-anak dalam acara Ekspresi Wisata Mantrijeron yang digelar di RW 07 Suryowijayan, Gedongkiwo, Kecamatan Mantrijeron, Jogja belum lama ini./Istimewa - Dispar DIY

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA –Sebuah acara bertajuk Ekspresi Wisata Mantrijeron digelar di RW 07 Suryowijayan, Gedongkiwo, Kecamatan Mantrijeron, Jogja belum lama ini. Kegiatan itu merupakan kreativitas masyarakat dalam upaya memberikan daya tarik bagi wisatawan.

Panitia Ekspresi Wisata Mantrijeron, Badruzaman menjelaskan kegiatan itu dikemas dalam atraksi seni dengan menampilkan kemampuan warga setempat. Salah satunya yang diberikan ruang adalah kelompok tari anak-anak yang merupakan warga setempat. "Kebetulan ada kelompok tarian anak-anak yang tampil. Kami berupaya menggali potensi seni warga sekitar," kata dia, Jumat (14/12/2018).

Advertisement

Dia menambahkan kegiatan itu sebagai salah satu inovasi warga dalam rangka memberikan daya tarik bagi wisatawan. Kampung harus melakukan terobosan untuk bisa didatangi wisatawan.

Selain itu kegiatan semacam itu dapat memberikan pilihan kepada wisatawan agar tidak melulu mendatangi tempat wisata yang sudah ramai pengunjung. Selain seni, ia meyakini ada potensi lain yang bisa digali dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

"Kami berharap pemerintah bisa terus mendukung kegiatan semacam ini sehingga berdampak pada ekonomi warga ketika ada wisatawan datang," ujarnya.

Badruzaman mengatakan respons masyarakat terhadap kegiatan itu sangat positif. Warga yang menyaksikan event itu tergolong banyak meski masih bertaraf kampung.

Kepala Seksi Objek Daya Tarik Wisata (ODTW) Dinas Pariwisata DIY Wardoyo mengatakan pihaknya selalu mendukung pengembangan budaya di suatu kampung sebagai salah satu kegiatan wisata. Terobosan yang dilakukan kampung itu merupakan aset bagi DIY sebagai kekuatan pariwisata.

Aset wisata itu akan terus didorong agar lebih maju dan berkualitas sehingga menjadi kekuatan daya tarik wisata. Pihaknya melakukan pendampingan terhadap seluruh desa dan kampung wisata di DIY, baik melalui lokakarya maupun bimbingan teknis.

"Kalau yang belum masuk kategori kampung wisata diharapkan masyarakat mempersiapkan diri. Seperti menyiapkan profil dokumen untuk menunjang data menuju ke arah kampung wisata. Selama kegiatan itu masih dalam wilayah kepariwisataan ya pasti kami dukung," ujarnya.

Dia mengatakan kampung di wilayah Kota Jogja memang memiliki banyak potensi yang bisa digali untuk menjadi daya taril wisata, terutama berkaitan dengan budaya. Namun budaya yang dimaksud muaranya pada upaya mendatangkan wisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement