Terduga Teroris Ditangkap di DIY, Sultan Berharap Jogja Aman

Sri Sultan hamengku Buwono X-Gubernur DI.Yogyakarta. - Harian Jogja/Desi Suryanto
15 Desember 2018 09:50 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Gubernur DIY Sri Sultan hb X mengapresiasi langkah kepolisian yang melakukan penangkapan terhadap terduga teroris di Godean, Sleman. Ia berharap DIY tetap aman terutama jelang perayaan Natal di 2018.

Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengapresiasi kepolisian yang sudah melakukan antisipasi dengan penangkapan terduga teroris. Sultan meyakini, kepolisian memiliki bukti dan alasan kuat sebelum melakukan penangkapan.

"Ya nggak papa kalau teroris [ditangkap], saya kira kan [polisi] punya alasan [melakukan penangkapan]," ucapnya saat dimintai komentar terkait penangkapan terduga teroris di Godean, Sleman, Jumat (14/12/2018).

Sebelumnya Densus 88 menangkap dua terduga teroris berinisial B dan MI pada lokasi berbeda di Sleman, DIY. Kelompok ini diduga akan melakukan sejumlah teror di Pulau Jawa.

HB X menilai gerak cepat kepolisian dalam melakukan penangkapan terduga teroris itu sebagai bentuk kewaspadaan untuk mencegah kemungkinan terjadinya peristiwa yang tidak diinginkan. "Saya kira justru dengan alasan mau ada tindakan [aksi teror], dilakukan [penangkapan] lebih dahulu, itu kan berarti mewaspadai," katanya.

Sultan berharap DIY tetap aman setelah ada tindakan dari kepolisian dengan menangkap terduga teroris tersebut. Karena seringkali ada terduga lain dalam satu jaringan mereka. "Saya berharap tidak ada sesuatu yang terjadi dengan adanya penangkapan itu. Mungkin nanti kan berlanjut, kalau ada pengakuan lain lagi kan berkanjut, iya to," kata Sultan.

Sultan memastikan terduga teroris yang ditangkap bukan warga DIY. "Kita tunggu saya prosesnya seperti apa tetapi dia bukan orang sini tetapi menempati di sini," ucapnya.