Advertisement

Bayi Dibuang Depan Rumah Gegerkan Warga Sembungan

Ujang Hasanudin
Senin, 17 Desember 2018 - 19:01 WIB
Nina Atmasari
Bayi Dibuang Depan Rumah Gegerkan Warga Sembungan Ilustrasi penemuan bayi. - Okezone

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Seorang bayi laki-laki ditemukan di teras rumah warga Sembungan, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Bantul, Senin (17/12/2018) dini hari. Temuan bayi yang masih dalam kondisi hidup itu menggegerkan warga setempat.

Kanit Reskrim Polsek Kasihan, Iptu Arujiyanto mengatakan bayi yang diduga belum lama dilahirkan itu ditemukan di teras rumah milik Pawiro Sentono, 75, sekitar pukul 00.30 WIB. Saat itu Pawiro sedang tidur mendengar tangisan bayi di depan rumahnya.

Advertisement

Ia mencari sumber suara dan kaget ketika melihat bayi laki-laki tergeletak di atas kursi depan rumahnya. Sebelah bayi juga ditemukan sejumlah keperluan bayi, seperti popok bayi, selimut bayi, susu untuk bayi usia 0-6 bulan, selendang, dan ari-ari bayi yang terbungkus plastik.

Setelah itu warga baru melapor polisi, "Kami langsung membaya bayi itu terlebih dahulu ke RSUD Panembahan Senopati Bantul untuk mendapat penanganan medis," kata Arujiyanto, saat dihubungi.

Dari hasil pemeriksaan kesehatan tim medis di RSUD Panembahan Senopati Bantul, kata Arujiyanto, bayi itu baru dilahirkan kurang dari seminggu. Kondisi bayi dalam keadaan sehat dengan berat badan 2,8 kilogram, panjang 50 entimeter, lingkar kepala 34 sentimeter, lingkar dada 34 sentimeter, dan lingkar lengan atas 10 sentimeter.

Polisi masih menyelidiki pelaku pelaku pembuangan bayi tak berdosa tersebut, "Pelaku masih dalam penyelidikan," ujar Arujiyanto.

Sementara itu Kepala Sub Bagian Hukum, Pemasaran, dan Kemitraan RSUD Panembahan Senopati Bantul, Siti Rahayuningsih membenarkan pihaknya menerima titipan bayi dari Polsek Kasihan. Pihak rumah sakit menerima bayi sekitar pukul 01.30 WIB. Setelah dilakukan pemeriksaan, kondisi bayi dalam keadaan sehat.

Hingga Senin sore kondisi bayi masih dalam peraratan RSUD Bantul. Pihak rumah sakit sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial untuk kelanjutan perawatan bayi. "Nanti Dinas Sosial yang mengurus. Rumah sakit hanya melayani perawatan bayi sampai sehat dan stabil," kata Siti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement