Libur Hari ke Enam, Wisatawan di GL Zoo Capai 47.800 Orang, Ini Wahana Favorit Pengunjung

Kepadatan arus lalu lintas di Simpang Tiga Gembiro Loka, Senin (24/12/2018). - Harian Jogja/Sunartono
25 Desember 2018 10:17 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Gembiro Loka Zoo (GL Zoo) Kebun Binatang Gembiro Loka yang berada di sisi timur Kota Jogja menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan untuk dijadikan destinasi wisata selama libur sekolah dan Natal 2018. Selama enam hari terakhir GL Zoo telah dikunjungi 47.825 wisatawan.

Berdasarkan pantauan Harianjogja.com pagar pembatas dipasang untuk memisahkan dua ruas Jalan Kusumanegara di simpang tiga pintu masuk ke Kebung Binatang Gembiro Loka. Kendaraan yang akan menuju ke GL Zoo harus memutar melewati pembatas jalan. Sementara kendaraan roda empat berjubel parkir di sepanjang Jalan Kebun Raya.

Sejumlah lahan kosong di kawasan tersebut juga dimanfaatkan sebagai lahan parkir karena saking banyaknya wisatawan yang akan masuk ke GL Zoo. Kepadatan arus akibat banyaknya kendaraan menuju ke GL Zoo antreannya tampak hingga simpang tiga Jalan Gedongkuning. Kendaraan dengan plat nomor luar DIY paling mendominasi kendaraan yang terparkir di kawasan itu.

Humas GL Zoo Eros Yan Renanda mengakui tingginya minat wisatawan untuk berkunjung ke GL Zoo. Bedasarkan pendataannya selama enam hari terakhir liburan jelang Natal 2018 jumlah pengunjung mencapai 47.825 orang.

"Sejak tanggal 18 Desember [Selasa] hingga 23 desember [Minggu] kurang lebih pengunjung GL Zoo mencapai 47.825 orang," terangnya kepada Harianjogja.com, Senin (24/12/2018).

Ia menambahkan dari berbagai wahan yang tersedia, beberapa di antaranya menjado favorit para pengunjung. Antara lain kereta keliling, perahu katamaran dan petting zoo. "Wahana favorit pengunjung masih didominasi taring atau kereta keliling dan perahu katamaran serta petting zoo," ujarnya.

Selama libur natal dan tahun baru ini, sejumlah zona baru secara resmi dibuka dan bida dinikmati pengunjung. Seperti zona cakar yang merupakan zona binatang karnivora yang memiliki kuku. Selain itu ada zona beruang madu, caracal yang juga baru dibuka untuk liburan kali ini. Zona iti selain memiliki kekuatan sebagai hiburan juga bisa menjadi edukasi tersendiri bagi pengunjung terutama anak-anak.

"Kalau perhitungan kami secara tahunan, harapan kami [pengunjung tahun ini] bisa melebihi jumlah kunjungan tahunan periode 2016 - 2017. Beberapa zona baru resmi beroperasi saat ini," ucapnya.