Senangnya... Atlet Berprestasi dari Gunungkidul Dapat Bonus sampai Rp5 Juta

Tim Segara Inlineskate Gunungkidul./Ist
27 Desember 2018 21:17 WIB Herlambang Jati Kusumo Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL —Dorong semangat para atlet, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul memberikan penghargaan bagi ratusan atlet, pelatih maupun pembina yang berprestasi beberapa waktu lalu.

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul, Irfan Ratnadi mengatakan seleksi yang dilakukan cukup ketat mengingat anggaran yang ada juga terbatas. Dari 535 orang yang mendaftar diberikan jatah pada 165 orang. “Seleksi cukup ketat,” kata Irfan, Kamis (27/12/2018).

Dari 165 mereka yang berprestasi diantaranya 10 kuota bagi prestasi internasional, 30 kuota untuk prestasi tingkat nasional, 50 untuk tingkat provinsi dan 75 prestasi di tingkat kabupaten.

Dari ratusan atlet tersebut mereka yang masuk dalam kategori Internasional mendapat Rp5 juta, ditingkat nasional sebesar Rp3 juta, ditingkat provinsi sebesar Rp2 juta dan di tingkat kabupaten sebesar Rp1 juta. Sementara bagi pelatih mendapatkan penghargaan berupa uang pembinaan sebesar Rp2 juta.

Ia berpesan pada para atlet untuk mempertahankan dan jika bisa meningkatkan prestasi yang ada. Pasalnya pemberian penghargaan semacam Bupati Award ini diselenggarakan setiap tahun.

“Pemberian ini tentu sebagai bentuk apresiasi dari pemerintah, tentunya untuk mendorong para atlet ataupun pelatih untuk dapat meningkatkan kemampuan mereka lebih lagi,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang pelatih berprestasi Untung Subagyo, mengatakan apresiasi dari Pemkab sangatlah berarti bagi para atlet dan pelatih berprestasi. Pasalnya usaha mereka selama ini dihargai oleh pemerintah, sehingga mampu mendongkrak semangat para atlet dalam mengembangkan kemampuan mereka.

“Tentu apresiasi semacam ini sangat mendorong semangat kami untuk memberikan yang lebih lagi pada Gunungkidul,” kata Untung.

Untung yang merupakan penyandang disabilitas mampu lolos dalam seleksi ini lantaran telah menyabet enam medali emas dan dua medali perak dari berbagai kejuaraan baik nasional maupun provinsi. Selain itu ia juga merupakan seorang pelatih cabang olahraga angkat berat. Dedikasi dan komitmen yang tinggi pada daerah ia pegang kuat.