PIALA ASIA: Arab Saudi Ingin Ulangi Kenangan Manis di Uni Emirat Arab

Juan Antonio Pizzi - Reuters/Kai Pfaffenbach
03 Januari 2019 09:25 WIB Andhika Anggoro Wening Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Arab Saudi percaya diri menuju Piala Asia 2019 yang akan digelar di Uni Emirat Arab mulai Sabtu (5/1/2019) akhir pekan ini. Pelatih Arab Saudi Juan Antonio Pizzi sudah memilih 23 pemain dan yakin skuat yang dia susun punya kemampuan untuk menjadi juara.

"Kami telah memantau dan mengevaluasi penampilan tiap-tiap pemain saat bersama klubnya dan kami telah menguji semua kemungkinan apa yang bisa mereka berikan bagi tim," kata Pizzi seperti dikutip laman resmi Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), belum lama ini.

Putaran final kejuaraan sepak bola Piala Asia yang akan diikuti 24 tim akan berlangsung di Uni Emirat Arab hingga 1 Februari 2019.

Arab Saudi akan memulai penampilannya di Grup E melawan Korea Utara pada 8 Januari, kemudian Lebanon empat hari kemudian, dan menghadapi Qatar 17 Januari.

Terakhir Arab Saudi menjuarai Piala Asia pada 1996, juga di Uni Emirat Arab. Kini mereka mencoba mengulang prestasi di tempat yang sama, khususnya setelah penampilan di Piala Dunia 2018 dimana mereka tampil mengesankan meskipun pada pertandingan pertama kalah 0-5 dari tuan rumah Rusia.

Pizzi merupakan arsitek di belakang penampilan tim Arab Saudi yang ketika itu berhasil mengalahkan Mesir 2-1 di akhir fase grup Piala Dunia. Kini pelatih asal Argentina yang 22 kali memperkuat Timnas Spanyol itu mendapat kepercayaan untuk membawa tim Arab Saudi ke Piala Asia.

"Kami yakin kami memiliki pemain-pemain terbaik dalam tim ini. Fokus sekarang adalah memastikan kesiapan. Menurut saya para pemain kami sudah dalam kondisi terbaik dalam teknik dan fisik. Kami dituntut untuk menunjukkan penampilan level tinggi dan kami sudah menjalankan persiapan yang bagus. Saya yakin kami dapat melakukannya dengan baik di Piala Asia," ujar pelatih yang membawa Chile menjuarai Copa America 2016 itu.

Skuat Arab Saudi untuk Piala Asia 2019:

Kiper : Mohammed Al-Owais (Al-Ahli), Waleed Abdullah (Al-Nassr), Mohammed Al Yami (Al-Batin).

Bek: Mohammed Al-Breik (Al-Hilal), Yasir Al-Shahrani (Al-Hilal), Ali Al-Bulaihi (Al Hilal), Mohammed Al-Fatil (Al-Ahli), Hamdan Al Shamrani (Al-Faisaly), Abdulelah Al-Amri (Al-Wahda), Omar Hawsawi (Al-Nassr).

Gelandang: Salman Al-Faraj (Al-Hilal), Abdullah Otayf (Al-Hilal), Salem Al-Dawsari (Al-Hilal), Hussain Al-Mogahwi (Al-Ahli), Ayman Al Khulaif (Al-Ahli), Abdulrahman Ghareeb (Al-Ahli), Ibrahim Ghaleb (Al-Nassr), Yahya Al-Shehri (Al-Nassr), Abdullah Al-Khaibari (Al-Shabab), Hattan Bahebri (Al-Shabab), Abdulaziz Al-Bishi (Al-Faisaly).

Penyerang: Fahad Al Muwallad (Al-Ittihad), Mohammed Al-Saiari (Al-Hazem).

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia