Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Taman Parkir Senopati Jogja

Sisa-sisa kebakaran terjadi di Taman Parkir Senopati, Jalan Senopati, Kelurahan Prawirodirjan, Gondomanan, Kota Jogja, Minggu (6/1/2019) malam. - Harian Jogja/Desi Suryanto
07 Januari 2019 22:50 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Polresta Jogja masih melakukan penyelidikan untuk memastikan tidak adanya tindak pidana dalam kebakaran yang terjadi di Taman Parkir Senopati, Jalan Senopati, Kota Jogja. Dugaan sementara penyebab terjadinya kebakaran karena arus pendek listrik pada salah satu kios di kawasan tersebut.

Sebelumnya kebakaran terjadi di Taman Parkir Senopati, Jalan Senopati, Kelurahan Prawirodirjan, Gondomanan, Kota Jogja, Minggu (6/1/2019) malam. Sebanyak 35 kios milik pedagang yang sehari-hari berjualan pakaian hingga oleh-oleh makanan khas Jogja ludes terbakar. Api juga melalap sebuah mobil serta sepeda motor yang terparkir di kawasan itu. Kerugian diperkirakan mencapai Rp1,9 miliar.

Kapolresta Jogja Kombespol Armaini menjelaskan adanya laporan terkait penyebab kebakaran karena arus pendek listrik dari salah satu kios. Dari informasi awal itu, pihaknya akan melakukan penyelidikan untuk memastikan bahwa penyebabnya benar-benar karena korsleting listrik. Hingga saat ini belum ada indikasi yang mengarah pada unsur pidana terkait penyebab kebakaran.

"Beberapa orang kami mintai kesaksiannya terkait dengan kebakaran itu, apa yang diketahui saat terjadi. Untuk memastikan bahwa ini murni musibah, tidak ada unsur pidananya," terangnya Senin (7/1/2019).

Armaini memastikan olah tempat kejadian perkara (TKP) telah dilakukan beberapa saat setelah lokasi dinyatakan aman dan api semua sudah padam. Ia mengakui dengan banyaknya barang yang terbakar, kerugian ditaksir mencapai Rp1 miliar lebih. Namun detailnya saat ini para pemilik kios masih menghitung jumlah kerugian.

"Kalau dilihat dari kerugiannya memang lumayan besar, satu M [Rp1 miliar] bisa lebih karena ada mobil, motor juga yang terbakar," katanya.