Sultan Minta Nama Bandara Kulonprogo Tetap NYIA

Sri Sultan HB X (kiri) mendengarkan pemaparan progres pembangunan NYIA dalam peninjauan di lokasi bandara NYIA, Kecamatan Temon, Kulonprogo, Selasa (8/1/2019). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara
09 Januari 2019 09:50 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO- Gubernur DIY Sri Sultan HB X menginginkan nama bandara Kulonprogo tetap New Yogyakarta International Airport (NYIA) seperti yang saat ini digunakan.

Sultan pada Selasa (8/1/2019) meninjau proyek pembangunan NYIA di Temon, Kulonprogo. Dalam kunjungannya Sultan menghendaki bandara baru ini nantinya tetap bernama New Yogyakarta International Airport atau NYIA. Nama itu menurutnya lebih baik ketimbang opsi lain yang dikhwarirkan menimbulkan pro kontra. masyarakat.

"Namanya ya NYIA itu saja. Enggak ada [yang lain]. Daripada nanti ada yang setuju dan enggak setuju," kata Sultan, Selasa.

Raja Kraton Jogja ini mengatakan penggunaan nama NYIA telah sesuai pertimbangan. Nantinya nama itu akan muncul dalam daftar kode bandara yang dianut secara internasional, seperti halnya tertera dalam boarding pass.

Maka dari itu, kode yang didaftarkan untuk bandara ini harus baru dan belum dipakai oleh daerah atau negara lain. "NYIA jelas belum dipakai. Meski NYIA, Nanti nyebutnya kan juga bukan NYIA, tetapi Jogja. Lha Bandara JF Kennedy di Amerika sana juga tetap menyebutnya New York Airport kok," ujarnya.