Tahapan Seleksi CPNS, Ratusan Peserta Mulai Pemberkasan

Seorang peserta mulai melakukan pemberkasan CPNS di Aula Adikarta, Gedung Kaca kompleks Pemkab Kulonprogo, Kamis (10/1/2019). - Harian Jogja/Uli Febriarni
11 Januari 2019 13:15 WIB Uli Febriarni Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Ratusan peserta seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi umum dan formasi khusus 2019 mulai pemberkasan bersama Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) di Aula Adikarta, Gedung Kaca kompleks Pemkab Kulonprogo, Kamis (10/1/2019).

Kepala Bidang Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan BKPP Kulonprogo, Trusta Hendraswara, mengungkapkan pemberkasan CPNS dijadwalkan berlangsung 8 hingga 11 Januari 2019. Pemberkasan dimulai sejak pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB. Dalam pemberkasan ada 15 poin persyaratan yang harus diserahkan CPNS kepada tim verifikator. "Jika dalam pemberkasan ada syarat yang kurang, verifikator akan mengembalikan persyaratan kepada peserta seleksi," ujarnya, Kamis.

Ia menuturkan sejauh ini persyaratan yang terkadang belum terlampirkan peserta adalah legalisasi surat tanda registrasi (STR). Diketahui, sebagai persyaratan pemberkasan BKN meminta fotokopi legalisasi STR. Hanya, Komite Dokter Indonesia membatasi seseorang mendapat legalisasi STR hanya sebanyak tiga lembar dan tidak dapat meminta lembar legalisasi lagi sejak STR tersebut diterbitkan.

Kepala Bidang Data Kesejahteraan dan Disiplin PNS BKPP Kulonprogo, Armawati, menjelaskan BKPP berkomunikasi dengan BKN perihal solusi yang tepat untuk kendala tersebut, misalnya dapat menyerahkan dalam bentuk salinan. Namun hal itu masih menunggu keputusan dari BKN.

Seorang peserta seleksi CPNS, Anis Fitriani, mengaku bersyukur ia tidak mengalami masalah saat pemberkasan karena syarat dan berkasnya sudah lengkap. Informasi yang diberikan melalui grup Telegram yang ia ikuti juga sangat membantu. "Admin sangat responsif dan cepat dalam menanggapi persoalan para peserta yang menanyakan tentang pemberkasan di grup," ucapnya.