Advertisement

Dana Desa Bisa Cair Lebih Cepat, Asal...

David Kurniawan
Sabtu, 12 Januari 2019 - 06:17 WIB
Nina Atmasari
Dana Desa Bisa Cair Lebih Cepat, Asal... Ilustrasi uang rupiah - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Pemkab Gunungkidul memastikan pencairan dana desa termin pertama bisa cair lebih cepat. Pasalnya, dana ini bisa dicairkan di triwulan pertama 2019. Namun demikian, prosesnya sangat bergantung terhadap kewajiban desa menyelesaikan APBDes sebagai syarat pencairan.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat Desa (DP3AKBPMD) Gunungkidul, Subiyantoro mengatakan, pencairan dana desa sangat bergantung dari kesiapan di masing-masing desa.

Advertisement

Sebagai gambaran, pemkab telah mengalokasikan pagu anggaran dana desa di 2019. Selain itu, dari regulasi juga sudah menyelesaikan perbub untuk dasar pencairan.

“APBD juga sudah selesai sehingga, kami [pemkab] tinggal menunggu penyerahan syarat untuk pencairan dana desa termin pertama,” kata Subiyantoro, Jumat (11/1/2019).

Menurut dia, syarat pencairan ini, desa hanya diminta menyerahkan dokumen APBDes 2019. Jika syarat ini dapat dipenuhi, sambung Subiyantoro, pemkab langsung akan memproses pencairan dana desa termin pertama ke KPPN. “Syaratnya hanya APBDes. Jadi kami berharap agar desa segera menyerahkan sehingga kami dapat memproses untuk pencairan,” ungkapnya.

Lebih jauh dikatakannya, sesuai instruksi dari Pemerintah Pusat, dana desa termin pertama dapat dicairkan di triwulan pertama 2019. “Januari hingga Maret sudah bisa diambil. Tapi prosesnya sangat bergantung pada desa untuk menyerahkan dokumen APBDes. Semakin cepat diserahkan, maka proses pencairan juga semakin cepat,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement