Dana Desa Bisa Cair Lebih Cepat, Asal...

Ilustrasi uang rupiah - Reuters
12 Januari 2019 06:17 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Pemkab Gunungkidul memastikan pencairan dana desa termin pertama bisa cair lebih cepat. Pasalnya, dana ini bisa dicairkan di triwulan pertama 2019. Namun demikian, prosesnya sangat bergantung terhadap kewajiban desa menyelesaikan APBDes sebagai syarat pencairan.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat Desa (DP3AKBPMD) Gunungkidul, Subiyantoro mengatakan, pencairan dana desa sangat bergantung dari kesiapan di masing-masing desa.

Sebagai gambaran, pemkab telah mengalokasikan pagu anggaran dana desa di 2019. Selain itu, dari regulasi juga sudah menyelesaikan perbub untuk dasar pencairan.

“APBD juga sudah selesai sehingga, kami [pemkab] tinggal menunggu penyerahan syarat untuk pencairan dana desa termin pertama,” kata Subiyantoro, Jumat (11/1/2019).

Menurut dia, syarat pencairan ini, desa hanya diminta menyerahkan dokumen APBDes 2019. Jika syarat ini dapat dipenuhi, sambung Subiyantoro, pemkab langsung akan memproses pencairan dana desa termin pertama ke KPPN. “Syaratnya hanya APBDes. Jadi kami berharap agar desa segera menyerahkan sehingga kami dapat memproses untuk pencairan,” ungkapnya.

Lebih jauh dikatakannya, sesuai instruksi dari Pemerintah Pusat, dana desa termin pertama dapat dicairkan di triwulan pertama 2019. “Januari hingga Maret sudah bisa diambil. Tapi prosesnya sangat bergantung pada desa untuk menyerahkan dokumen APBDes. Semakin cepat diserahkan, maka proses pencairan juga semakin cepat,” tambahnya.