Bawaslu Kulonprogo Akan Bentuk 5 Desa Antipolitik Uang

ILustrasi Politik uang - JIBI/Reuters
15 Januari 2019 18:00 WIB Fahmi Ahmad Burhan Kulonprogo Share :

Harianjgoja.com, KULONPROGO—Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kulonprogo akan membentuk lima desa Antipolitik Uang (Apu). Untuk pertama, Bawaslu Kulonprogo akan membentuk desa Apu di Desa Hargomulyo, Kecamatan Kokap.

Ketua Bawaslu Kulonprogo Ria Herlinawati mengatakan lembaganya baru akan membentuk desa Apu pada pekan-pekan ini. “Sampai saat ini belum ada desa Apu, kami [Bawaslu] targetkan minimal ada lima. Pertama, pekan-pekan ini kami deklarasikan di Hargomulyo," ungkapnya, Senin (14/1/2019).

Sebanyak lima desa Apu itu ditentukan juga berdasarkan jumlah daerah pemilihan (dapil) di Kulonprogo. Sebanyak lima dapil di Kulonprogo ditargetkan memiliki minimal satu desa Apu. Desa Apu nantinya tidak berhenti di deklarasi saja tetapi juga ada tindak lanjutnya. Peran dari desa Apu juga akan bertahan untuk jangka panjang.

Kepala Desa Hargomulyo, Burhani Arwin, mengatakan pemerintah desanya akan mempersiapkan surat keputusan terkait dengan relawan desa APU tersebut. Jumlah relawan mencapai 15 orang. “Akan ada sosialisasi ke dusun menyebarkan kampanye antipolitik uang,” ujarnya.