Advertisement

Debat Capres Jadi Pendidikan Positif bagi Anak

Galih Eko Kurniawan
Kamis, 17 Januari 2019 - 17:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
Debat Capres Jadi Pendidikan Positif bagi Anak Jokowi-Prabowo, Ilustrasi. - Bisnis Indonesia/Husein P

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Malam ini, Kamis (17/1/2019), para calon Presiden dan Wakil Presiden akan menjalani debat pertama mereka di Jakarta.

Bagi Tim Kampanye Daerah Koalisi Indonesia Kerja (TKD KIK) Jokowi Ma’aruf Gunungkidul, FX Endro Tri Guntoro, acara debat capres jadi ruang positif mengenalkan pendidikan kepemimpinan terhadap anak di tingkat keluarga.

Advertisement

“Tentu saja orang tua perlu mendampingi anak-anak yang memang belum memiliki ruang untuk mengenal pelajaran ilmu politik,” ujarnya, dalam rilis kepada Harian Jogja, Kamis. Sisi positif pembelajaran kepada anak-anak usia dini dan remaja, salah satunya dalam kemampuan berdebat menyampaikan fakta dan didukung data-data ilmiah.

Saat ini anak-anak harus mulai ditanamkan berani mengemukakan pernyataan jujur didukung dengan data-data, dan tidak bicara ngawur seperti kerap ditemui anak-anak di acara politik di televisi maupun maupun di media sosial. Bicara jujur, mengangkat fakta, dan didukung data, sebagai pembiasaan keluarga yang positif kepada anak-anak remaja menginjak usia muda.

Pembelajaran tak kalah penting dari debat pertama capres dengan salah satu temanya perlindungan dan penegakan hak asasi manusia (HAM), orang tua hendaknya perlu memperkaya pengetahuannya tentang berbagai rentetan tragedi kemanusiaan yang pernah terjadi di Tanah Air.

Jawaban yang jujur dan benar tanpa rekayasa seperti Kudatuli 27 Juli, penculikan aktivis pergerakan dan mahasiswa 1998, Kedung Ombo, Tanjung Priok, Marsinah, wartawan Udin, DOM Papua dan Aceh menjadi pembelajaran penting yang harus diketahui setiap generasi anak bangsa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Denny Indrayana Ajukan Uji Formil Aturan Usia Capres Cawapres di Mahkamah Konstitusi

News
| Selasa, 28 November 2023, 16:47 WIB

Advertisement

alt

BOB Golf Tournament 2023 Jadi Wisata Olahraga Terbaru di DIY

Wisata
| Minggu, 26 November 2023, 23:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement