Advertisement

SELEKSI MAHASISWA BARU: UPNVY Buka 21 Program Studi

Laila Rochmatin
Jum'at, 18 Januari 2019 - 23:10 WIB
Laila Rochmatin
SELEKSI MAHASISWA BARU: UPNVY Buka 21 Program Studi Ilustrasi ujian masuk PTN. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Pada seleksi mahasiswa baru periode 2019, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNVY) menyediakan 21 program studi dengan total kuota 3.180 mahasiswa.

Kuota calon mahasiswa yang diterima dari jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN), seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri UPNVY, 20% dari SNMPTN, 50% dari SBMPTN dan 30% dari Seleksi Mandiri.

Advertisement

Perkiraan jumlah kursi SNMPTN UPNVY sebesar 636 kursi, 1.591 kursi untuk SBMPTN dan Seleksi Mandiri sebanyak 953 kursi.

Hal ini disampaikan saat sosialisasi SNMPTN dan SBMPTN 2019 di Gedung Rektorat, lantai V UPNVY, Kamis (17/1/2019). Sosialisasi tersebut dihadiri 80 sekolah terdiri dari 160 peserta. Peserta terdiri dari operator dan guru bimbingan konseling SMA, SMK dan MA seluruh DIY.

Rektor UPNVY Irhas Effendi mengatakan terdapat sejumlah ketentuan baru yang berbeda dari tahun sebelumnya, termasuk sistem tes yang dilakukan peserta sebelum mendaftar ke PTN.

“SMPTN diselenggarakan oleh institusi bernama Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT dan sistem pelaksanaannya berbeda. Kalau tahun sebelumnya peserta mendaftar dulu baru tes, maka ketentuan di 2019, peserta tes dulu kemudian dapat nilai. Nilainya dipakai untuk mendaftar ke perguruan tinggi negeri,” kata Rektor UPNVY.

Irhas menambahkan pada pelaksanaan SBMPTN 2019 hanya ada satu metode tes yaitu Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dengan dua materi tes, yaitu Tes Potensi Skolastik dan Tes Kompetensi Akademik.

“Skema masuk PTN 2019 tetap akan dilaksanakan melalui tiga jalur yaitu, jalur SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri, dengan masing-masing daya tampung SNMPTN minimal 20 persen, SBMPTN minimal 40 persen dan Seleksi Mandiri maksimal 30 persen dari kuota daya tampung tiap prodi di PTN,” kata Rektor.

Selain itu, peserta tes SMPTN 2019, dapat mengikuti UTBK maksimal sebanyak dua kali, dengan membayar uang pendaftaran sebesar Rp200.000 pada setiap tes. Peserta dapat menggunakan nilai tertinggi dalam mendaftar program studi yang diinginkan pada dua kali UTBK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement