Miliki Laboratorium Baru, UNY Siap Naik Kelas

Sebanyak 136 kontingen dari masing-masing perguruan tinggi yang berhasil lolos menuju Pimnas ke-31 berkumpul di Gor UNY, Kamis (30/8/2018). - Harian Jogja/M117
22 Januari 2019 09:10 WIB Herlambang Jati Kusumo Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dibantu Islamic Development Bank (IDB) siap membangun 12 gedung untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

“Fokus pembangunan proyek tidak hanya bangunan, tetapi juga akademik. Intinya pada peningkatan kualitas pendidikan,” kata Rektor UNY Sutrisna Wibawa, Senin (21/1/2019).

Peningkatan dari sisi akademik tersebut diwujudkan dengan pembangunan yang lebih banyak pada gedung laboraturium. Dikatakan Sutrisna, jadi UNY tidak memperluas akses tapi meningkatkan kualitas. Kampus tidak menambah jumlah mahasiswa, tetapi meningkatkan kualitas sehingga yang dibangun laboraturium.

Menurut Rektor, dengan sejumlah laboraturium baru diharapkan akan mampu meningkatkan konten guru untuk lebih profesional dengan dibantu laboratorium yang ada. Selain itu, dosen juga bisa riset di laboratorium, selain di tengah masyarakat.

“Dengan meningkatkan kualitas guru nantinya berdampak pada pendidikan di Indonesia, kualitasnya meningkat,” ujar dia.

Sutrisna juga mengharapkan keberadaan gedung baru dapat membantu meningkatkan riset atau jurnal dari UNY. Selama beberapa tahun terakhir menurut jumlah jurnal terus meningkat, pada akhir 2017 setidaknya sudah ada 700 jurnal di antaranya terakreditasi nasional dan satu internasional.

“Saya berharap dengan itu semua, peringkat UNY di asia semakin baik setidaknya tahun ini di target masuk 400 besar, dan pada 2025 masuk dalam World Class University,” kata dia.

Direktur IDB di UNY Slamet Widodo mengungkapkan pembangunan gedung menelan dana Rp279,541 miliar untuk fisik, dan peralatan sebesar Rp33 miliar. Lebih banyak pada laboratorium. Sebagian sudah dapat digunakan, sebagian masih menunggu peralatan.

Gedung baru tersebut di antaranya Laboratorium Teknik Sipil dan Struktur, Teknik Mesin dan Otomotif, Teknik Elektro dan Elektronika, ada juga gedung pertunjukan, Pusat Pelatihan Bahasa, Laboratorium Ekonomi dan Bisnis Terpadu.

“Ada Laboratorium Matematika dan IPA, Laboratorium Ilmu Sosial Terpadu, Laboratorium Pendidikan Anak Usia Dini dan Sekolah Dasar, Gedung Kuliah Umum, Pusat Kesehatan dan Olahraga, Laboratorium Olahraga Terpadu. Lebih banyak laboratorium,” ucap dia.