Advertisement

Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Biar Tak Sesal Belakangan

Nugroho Nurcahyo
Selasa, 29 Januari 2019 - 23:05 WIB
Nugroho Nurcahyo
Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Biar Tak Sesal Belakangan Pemeriksaan stimulasi deteksi dan intervensi dini tumbuh kembang (SDIDTK) di Posyandu Balita APOKAT 1 Dusun Bangmalang, Pendowoharjo, Sewon, Bantul pada Minggu (20/1/2019) lalu. - Istimewa/Satria Ardhi Nugraha

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Masa tumbuh kembang anak menjadi masa paling berisiko bagi setiap kehidupan anak. Untuk itu sangat penting memperhatikan semua aspek yang mendukung dan memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan.

Dosen Stikes AKBIDYO Pri Hastutimengatakan pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua peristiwa berbeda, namun saling berkaitan dan saling memengaruhi. Pertumbuhan (growth) berkaitan dengan masalah perubahan ukuran, besar, jumlah, atau dimensi pada tingkat sel, organ maupun individu. Sedangkan perkembangan (development) menyangkut kemampuan struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks.

Advertisement

“Perkembangan masa awal meliputi beberapa aspek kemampuan fungsional, yaitu kognitif, motorik, emosi, sosial dan Bahasa,”kata Pri Hastuti melalui rilis yang diterima Harian jogja, Minggu (27/1/2019).

Perkembangan pada fase awal ini, kata Pri Hastuti, akan menentukan perkembangan fase selanjutnya. Kekurangan pada salah satu aspek perkembangan dapat memengaruhi aspek lainnya. Salah satu masalah yang sering terjadi pada masa  pertumbuhan dan perkembangan anak yaitu keterlambatan tumbuh kembang anak (developmental delay).

“Sekitar 1-3 % anak usia 0-5 tahun di dunia mengalami developmental delay,”kata dia.

Di Indonesia, deteksi sini tumbuh kembang balita dapat dipantau dengan pemeriksaan Stimulasi Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) di posyandu.

Hal inilah yang mendasari dilakukannya pemeriksaan SDIDTK di Posyandu Balita APOKAT 1 Dusun Bangmalang, Pendowoharjo, Sewon, Bantul pada Minggu (20/1/2019) lalu. Acara diikuti 10 orang kader posyandu dan 30 anak balita dan pengasuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement