Tahun Ini, 5 Desa Terima Program Pamsimas

Ilustrasi. - Reuters/Mike Hutchings
08 Februari 2019 12:00 WIB Fahmi Ahmad Burhan Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Tahun ini program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (Pamsimas) diperuntukkan bagi lima desa di Kulonprogo. Pemerintah Kabupaten Kulonprogo berharap warga bisa menjaga dan mengelola Pamsimas dengan baik untuk kelangsungan sumber air.

Kelima desa yang mendapat bantuan tersebut meliputi Desa Ngentakrejo, Kecamatan Lendah; Desa Banyuroto, Kecamatan Nanggulan; Desa Sogan, Kecamatan Wates; Desa Karangwuni, Kecamatan Wates; dan Desa Sukoreno, Kecamatan Lendah.

Camat Lendah Sutrisno memaparkan bantuan Pamsimas dari Pemkab tersebut dirasa bermanfaat bagi warganya. Ketika kemarau panjang, ada 200 kepala keluarga lebih bisa kekurangan air. “Pamsimas ini bisa melayani sampai 100 KK,” katanya, Rabu (6/2/2019).

Namun, Sutrisno menyebutkan setelah adanya bantuan tersebut, warga juga harus bisa merawatnya agar sumber air tersebut bisa bertahan bagi kebutuhan warga. Pemberian bantuan Pamsimas tersebut dilakukan dengan membangun jaringan pipa di tiap-tiap desa. Desa-desa yang menerima bantuan Pamsimas tahun ini sudah bisa memanfaatkan bantuan tersebut.

Wakil Bupati Kulonprogo Sutedjo mengungkapkan masyarakat bisa memanfaatkan bantuan Pamsimas itu dengan baik. Tidak hanya dimanfaatkan, masyarakat juga dituntut untuk bisa mengelolanya agar berbagai infrastuktur kebutuhan air tersebut bisa bertahan.

“Harapannya air bersih ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. Juga masyarakat bisa mengelola air bersih ini. Langkah-langkah yang bisa dilakukan seperti menanam pohon,” ungkap Wakil Bupati.