UMY & UGM Gagas Universitas Kewirausahaan

Logo UGM. - JIBI
09 Februari 2019 12:10 WIB Laila Rochmatin Bantul Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Revolusi Industri 4.0 menuntut setiap kalangan untuk bisa berinovasi karena kecanggihan teknologi yang tidak dapat dibendung. Terlebih saat ini banyak universitas yang mulai bekerja sama dengan perusahaan atau membangun usaha sendiri untuk mendapatkan pemasukan dan memberi wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi kewirausahaan.

Atas dasar kondisi tersebut, The German Academic Exchange Service (DAAD) ingin menggalakkan universitas yang berbasis kewirausahaan. Hal ini dibahas dalam Forum Dekan Internasional ‘Dies International Dean’s Course South-East Asia 2018/2019. Acara itu merupakan bagian dari kegiatan yang digelar Rabu hingga Sabtu (6 – 9/2) di Jogja dengan UGM dan UMY sebagai host.

Dalam rangkaian kegiatan yang diselenggarakan di Ruang Amphiteatre Gedung Kasman Singodimedjo, Kampus Terpadu UMY, Jumat (8/2/2019). Prof. Peter Mayer, profesor dari Fakultas Bisnis Managemen dan Ilmu Sosial, University of Applied Science Osnabrueck, Jerman menyampaikan untuk menjadi universitas kewirausahaan harus melihat peluang dan juga berani mengambil risiko. Peter Mayer menyampaikan topik The Entrepreneurial University-Concept and Strategies.

“Semua orang membicarakan tentang Revolusi Industri 4.0. Oleh karena itu kita harus mempersiapkan segalanya agar tidak tertinggal dari yang lain. Khususnya untuk menjadi universitas kewirausahaan, harus bisa melihat peluang yang orang lain melihatnya sebagai masalah. Berani mengambil risiko dan menerima kegagalan, dengan memanfaatkan kreativitas serta fleksibilitas tinggi. Tak hanya itu motivasi tinggi juga dibutuhkan,” kata dia.

Universitas kewirausahaan merupakan sebuah institusi yang mencoba mengidentifikasi peluang baru. Seperti halnya membuat program baru yang mengikuti perkembangan zaman, area penelitian yang semakin luas. Sehingga universitas tersebut siap menerima segala risiko untuk mendapatkan hadiah berupa kesuksesan di masa depan. Peter Mayer menambahkan universitas juga harus memperhatikan mahasiswanya untuk menciptakan kader pebisnis andal.

“Sebuah universitas kewirausahaan harus mencoba memberikan semangat berwirausaha juga kepada mahasiswa. Hal itu bisa dilakukan melalui program entrepreneurship, pembelajaran tentang bisnis, seminar, konferensi, dan pelatihan,” lanjut Peter.