Advertisement

Orang Tua Perlu Mendidik Anak dengan Cinta

Jalu Rahman Dewantara
Sabtu, 09 Februari 2019 - 14:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
Orang Tua Perlu Mendidik Anak dengan Cinta Acara bedah buku berjudul Mendidik dengan Cinta karya Irawati Istadi yang digelar Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY di Balai Desa Gulurejo, Kecamatan Lendah, Jumat (8/2/2019).-Harian Jogja - Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIY menggelar acara bedah buku berjudul Mendidik dengan Cinta karya Irawati Istadi di Balai Desa Gulurejo, Kecamatan Lendah, Jumat (8/2/2019). Lewat acara ini para orang tua dibimbing untuk dapat mendidik anaknya dengan baik dalam tata cara islami.

Acara ini menghadirkan sejumlah narasumber, antara lain editor buku Mendidik dengan Cinta, Irin Hidayat; konselor keluarga, Ida Nurlaila; perwakilan Bunda Cinta Parenting Center dan Wakil Ketua Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DIY, Nur Sasmito.

Advertisement

Nur Sasmito mengatakan manfaat yang dapat diperoleh orang tua jika membaca buku ini, yakni bisa lebih paham bagaimana cara mendidik anaknya dengan gaya islami berdasarkan Alquran dan hadist. “Buku ini banyak membicarakan persoalan sehari-hari, salah satunya bagaimana orang tua dalam menyikapi perilaku anaknya agar anak-anak bisa diarahkan ke jalan yang benar,” ucapnya di sela-sela acara, Jumat.

Nur mengatakan orang tua bisa memahami karakter anaknya dengan cara mengintensifkan interaksi. Interaksi ini bisa berlangsung lama maupun singkat tetapi tetap harus efektif. Dengan kegiatan ini, dia berharap para orang tua bisa meningkatkan kegemaran membaca.

Sebab, semakin banyak membaca akan meningkatkan pengalaman. Namun. itu semua harus ada keberlanjutan, tidak hanya sekadar membaca tapi juga dipraktikkan di kehidupan sehari-hari. “Setelah membaca dilanjutkan dengan diskusi intens, itu akan menambah ilmu,” tuturnya. Nur meminta Pemerintah Kabupaten Kulonprogo agar lebih maksimal dalam mengedukasi masyarakat dalam membaca yang kemudian diterapkan di kehidupan sehari-hari.

Hal senada diungkapkan Kepala Seksi Pengembangan Minat dan Budaya Baca BPAD DIY, Aris Wityanto. Dia juga berharap dengan adanya bedah buku ini, orang tua bisa mendidik anaknya dengan cinta sesuai tuntunan Islam.

“Kami harapkan juga orang tua dapat terarah dalam mendidik anaknya, sesuai ayat suci Alquran dan bernuansa Islam,” tuturnya. Aris menambahkan acara ini juga sebagai upaya jawatannya untuk meningkatkan minat baca masyarakat desa. Dengan ini, dia berharap masyarakat desa dapat terdorong untuk membaca dan menggunakan fasilitas perpustakaan desa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Gorontalo

News
| Kamis, 25 April 2024, 04:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement