Polresta Jogja: 60% Kecelakaan Lalu Lintas di Jogja Melibatkan Generasi Milenial

Ilustrasi kecelakaan lalu lintas.JIBI
11 Februari 2019 17:20 WIB Uli Febriarni Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Keterlibatan pengendara kendaraan bermotor dari kalangan milenial mendominasi kecelakaan lalu lintas di Jogja. Berdasarkan data Unit Kecelakaan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kota Jogja (Polresta), sepanjang 2018, hingga Senin (11/2/2019), dari total 61 kejadian kecelakaan lalu lintas, sebanyak tujuh orang korban di antaranya meninggal dunia.

Kanit Lakalantas Polresta Jogja, AKP Hendro Wahyono mengatakan dari total 61 kejadian kecelakaan lalu lintas itu, lebih dari 60% melibatkan pengendara kendaraan bermotor dari kalangan milenial. “Kebanyakan, didominasi oleh anak muda. Generasi milenial,” kata dia, Senin.

Rerata, kecelakaan lalu lintas diakui Hendro terjadi akibat pengendara melawan marka jalan. Mengetahui kondisi itu, maka Polresta Jogja akan semakin menggencarkan kampanye MiIlenial Road Safety di Kota Jogja, terutama di 40 sekolah.

Kampanye itu, kata dia, bertujuan untuk meminimalkan jumlah pelanggaran dan laka lantas, utamanya yang terjadi pada pengendara usia milenial. “Kampanye itu akan kami mulai 10 Maret 2019 melalui acara Millenial Road Safety Festival, semoga terlaksana lancar dari semua sisi," ucap dia.