Tak Kuat Menanjak di Girisubo, Minibus Berisi 11 Orang Terbalik, Satu Tewas

Kondisi kendaraan minibus yang mengalami kecelakaan di tanjakan di Dusun Nujo, Desa Pucung, Girisubo, Senin (11/2/2019). - Ist/ Dok Polsek Girisubo
11 Februari 2019 11:57 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-- Sebuah minibus bernomor polisi AD 1023 HV terguling bermuatan sepuluh penumpang terguling di tanjakan di Dusun Nujo, Pucung, Girisubo, Senin (11/2/2019) sekitar pukul 07.00 WIB.

Kecelakaan tunggal ini mengakibatkan seorang penumpang, Sajiyem,56, meninggal dunia, sementara penumpang lainnya mengalami luka-luka dan harus dilarikan puskesmas untuk mendapatkan perawatan.

Peristiwa nahas ini terjadi bermula saat minibus yang dikendarai Supar melaju dari Pasar Ngrancah menuju ke Pracimantoro, Wonogiri. Namun belum sampai di tujuannya, kendaraan ini mengalami kecelakaan di tanjakan di Dusun Nujo. Diduga minibus ini tak kuat menanjak dan berjalan mundur hingga akhirnya menabrak sebuah pohon dan terbalik.

Kepala Polsek Girisubo, AKP Mursidiyanto mengatakan, akibat kecelakaan ini seorang penumpang meninggal dunia dan lainnya mengalami luka-luka. Menurut dia, sebelum kecelakaan terjadi, kenek minimbus sudah berusaha mencari ganjal ban agar kendaraan tidak melaju mundur karena tidak kuat menanjak. Namun demikian, usaha tersebut tak membuahkan hasil karena minibus tetap berjalan mundur dan menabrak pohon di sisi kanan jalan hingga akhirnya terbalik.

“Minibus berisi sebelas penumpang. Akibat kecelakaan ini, seorang penumpang meninggal dunia dan lainnya mengalami luka-luka,” katanya kepada wartawan, Senin siang.

Mursidiyanto menjelaskan, korban meninggal dunia karena mengalami luka serius di bagian kepala. Saat ini, korban Sajiyem juga sudah diserahkan ke keluarga untuk dikebumikan.

Menurut dia, pasca-mendapatkan laporan, petugas langsung mendatangi lokasi. Selain itu, untuk menangani kasus juga meminta bantuan ke unit kecelakaan lalu lintas, Satlantas Polres Gunungkidul. “Sudah dilakukan olah Tempat Kejadian Perkara [TKP]. Untuk saat ini, kasus sudah ditangani oleh Satlantas Polres Gunungkidul,” katanya.