Advertisement

KKN UMY: Mahasiswa Latih Pengembangan Wisata Melalui Web

Herlambang Jati Kusumo
Selasa, 19 Februari 2019 - 23:10 WIB
Laila Rochmatin
KKN UMY: Mahasiswa Latih Pengembangan Wisata Melalui Web Pendampingan pencatatan keuangan kepada salah satu warga pelaku usaha aksesori dengan pemanfaatan limbah plastic di Dusun Pancoh, Desa Girikerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, beberapa waktu lalu. - Ist/Humas UMY

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasil memaksimalkan potensi ekowisata yang ada di Dusun Pancoh, Desa Girikerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman.
Ketua kelompok KKN 044 Fendy Butmawan K mengatakan kegiatan yang dilakukan mengadakan pelatihan dan pengelolaan web resmi dusun sebagai sarana promosi ekowisata setempat.


Dikatakan dia, mahasiswa memberikan pelatihan promosi secara daring (online) guna mempermudah penyebaran informasi wisata yang ada di Dusun Pancoh bagi wisatawan yang ada di dalam maupun luar DIY.

Advertisement

"Program kami adalah meningkatkan ekowisata yang ada di tempat ini dengan cara promosi melalui Internet. Hal ini kami lakukan lantaran kampung ini memiliki daya tarik bagi orang-orang yang ingin berwisata dengan cara yang berbeda," kata Fendy, Selasa (19/2/2019).

Ia mengungkapkan untuk mempermudah calon wisatawan yang ingin datang ke Dusun Pancoh, mahasiswa mengajak warga membuat web yang di dalamnya memuat berbagai hal mengenai ekowisata Dusun Pancoh.

Mahasiswa juga mengadakan pelatihan dengan mendatangkan praktisi search engine optimizer (SEO) web Danu Adji Wibisono Triatmojo sebagai pemateri. Selain itu dosen Program Studi Manajemen UMY yang juga menjadi dosen pembimbing lapangan KKN 044, Alien Akmalia memberikan pelatihan manajemen keuangan bagi unit usaha yang ada di sana, pada Senin (28/1/2019).

“Semagat kami dalam membantu pengembangan wisata di tempat ini tidak main-main. Untuk itu kami datangkan orang yang memang betul-betul ahli di bidangnya,” ucap Fendy.

Setelah diadakan pelatihan pembuatan dan pengelolaan web, Selasa (29/1/2019) ekowisata Dusun Pancoh akhirnya memiliki laman resmi yang dapat diakses oleh siapa pun dengan mudah dan nyaman, yaitu ekowisatapancoh.com.

Kepala Dusun Pancoh Purwadi mengaku bersyukur karena merasa terbantu dengan program yang digagas oleh kelompok KKN UMY 044.

“Mahasiswa tidak hanya mengadakan pelatihan pembuatan web, tetapi juga membangun satu taman yang nantinya dapat digunakan untuk menambah daya tarik wisatawan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement