Advertisement

Paguyuban Hakka Gelar Jiang Lao untuk Hormati Pinisepuh

Rheisnayu Cyntara
Kamis, 28 Februari 2019 - 10:31 WIB
Mediani Dyah Natalia
Paguyuban Hakka Gelar Jiang Lao untuk Hormati Pinisepuh Paguyuban Hakka Jogja menggelar Jing Lao atau Malam Penghormatan Pinisepuh di The Rich Jogja Hotel pada Minggu (10/2)./ Ist. - Paguyuban Hakka Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Paguyuban Hakka Jogja menggelar Jing Lao atau Malam Penghormatan Pinisepuh di The Rich Jogja Hotel pada Minggu (10/2) lalu. Sebanyak 150 orang pinisepuh Hakka yang usianya di atas 70 tahun diundang dalam acara bertema Hormat Bagi Pinisepuh Tradisi Amal Kebajikan

 Jing Lao juga dimeriahkan dengan pentas seni mulai dari anak-anak, generasi muda, maupun jajaran tokoh Hakka. Acara Jing Lao dibuka dengan penghormatan berupa penyerahan angpau pada sesepuh Hakka. Ketua Hakka Jogjakarta, Rusmin bersama jajaran pengurus lainnya didampingi generasi muda Hakka langsung mendatangi meja dan memberikan penghormatan serta menyerahkan angpau sebagai tandai kasih pada pinisepuh yang hadir. Lantas dilanjutkan dengan pentas seni. Dalam kesempatan yang sama juga diperkenalkan Amoi Hakka Jogjakarta, Michelle Hibono yang sempat diutus ke pemilihan Amoi Hakka Internasional ke-8 di Meizhou Tiongkok pada November 2018 lalu dan sukses menyabet predikat Best Favourite.

Advertisement

Ketua PHJ, Rusmin mengatakan penghormatan terhadap pinisepuh ini selalu dikemas dan dilaksanakan oleh para muda-mudi Hakka. Hal ini ssnagaja dilakukan untuk mengedukasi dan mewariskan tradisi Tionghoa, khususnya Hakka kepada para generasi muda. "Apapun kiprah sosial di masyarakat, ibadah yang dilakukan dalam kehidupan, serta seberapapun harta yang dimiliki, dunia ini baru akan kita miliki bila telah berbakti kepada kedua orang tua," katanya dalam rilis, Rabu (27/2). 

 Dalam kesempatan ini Rusmin juga mengumumkan Koperasi Hakka Jogja Makmur Sejahtera segera berdiri. Menurutnya, ini akan menjadi satu-satunya unit usaha berbentuk koperasi yang ada di Perkumpulan Hakka se-Indonesia dan dikelola oleh generasi muda Hakka Jogja. Koperasi ini didirikan untuk menjawab tantangan jaman dan memenuhi kebutuhan para anggota. Apalagi ia yakni ke depan keanggotaan PHJ akan makin bertambah.

 Ketua Panitia Jing Lao, Anastasia Dhirotsaka menyatakan gembira dengan kekompakan generasi muda Hakka untuk meneruskan tradisi leluhur Hakka dalam penghormatan pada pinisepuh. Baginya hal itu sudah sepantasnya dilakukan karena orang tua lah yang membesarkan mendidik hingga seperti saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement