Advertisement

Tahap I TMMD Sengkuyung Resmi Dimulai

Fahmi Ahmad Burhan
Kamis, 28 Februari 2019 - 06:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
Tahap I TMMD Sengkuyung Resmi Dimulai Wakil Bupati Kulonprogo, Sutedjo, dan Dandim 0731/Kulonprogo, Letkol Inf Dodit Susanto, secara simbolis mengecor perdana proyek corblok jalan di Desa Ngargosari, Kecamatan Samigaluh, Selasa (26/2/2019).-Harian Jogja - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Kodim 0731/Kulonprogo resmi memulai pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I 2019. Peresmian ditandai lewat upacara pembukaan yang digelar di Lapangan Ngargosari, Kecamatan Samigaluh, Selasa (26/2/2019).

Komandan Kodim 0731/Kulonprogo Letkol Inf Dodit Susanto mengungkapkan untuk tahun ini TMMD Sengkuyung mengangkat tema Melalui TMMD Kita Tingkatkan Kebersamaan Umat Serta Semangat Gotong Royong Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Guna Mewujudkan Ketahanan Nasional.

Advertisement

“Sumber pendanaan pelaksanaan berasal dari DIY, kabupaten maupun swadaya masyarakat,” ungkapnya dalam rilis kepada Harian Jogja, Rabu (27/2/2019). Untuk dana provinsi sebesar Rp235 juta, dari kabupaten ada Rp150 juta dan swadaya masyarakat sejumlah Rp10 juta.

Dalam laporan pelaksanaan, Kapten Inf Triyono memaparkan operasi TMMD Sengkuyung tahap pertama tahun ini dilaksanakan di Desa Ngargosari, Samigaluh. Sasara proyek meliputi fisik dan nonfisik, seperti corbloko jalan, bimbingan dan penyuluhan kepada warga.

Pelaksanaan TMMD Sengkuyung tahap pertama dilakukan selama 30 hari, mulai 26 Februari lalu sampai 27 Maret mendatang. Untuk pelaksana kerja, setiap harinya antara lain ada personel dari Kodim, Satradar 215/Congot ataupun dari Polres Kulonprogo.

Waubp Sutedjo mengapresiasi TNI mampu bergabung bersama-sama dengan masyarakat dalam membangun daerah. Program TMMD ini merupakan program lintas sektoral yang dilaksanakan secara terpadu. TMMD telah banyak memberikan pelajaran berharga betapa penting dan luar biasanya semangat gotong royong membangun bangsa, semua bahu membahu memberikan sumbangan pikiran ide dan gagasan sumbangan tenaga dan keterampilan sumbangan materi serta kebendaan.

Selesai upacara dilanjutkan dengan meninjau lokasi TMMD Sengkuyung tahap pertama. Pada peninjauan ini sekaligus dilakukan pengecoran pertama oleh Sutedjo dan Dandim 0731/Kulonprogo. Selanjutnya Wabup, Dandim dan pejabat Forkopimda Kulonprogo membaur dengan warga untuk kerja bakti, bergotong-royong melaksanakan pengecoran jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement