26 Pejabat Ramai-Ramai Diambil Sumpah Jabatan

Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo membacakan sumpah jabatan kepada 26 pejabat yang baru dilantik di Ruang Adikarta, kompleks Pemkab Kulonprogo, Kamis (28/2/2019).-Harian Jogja - Jalu Rahman Dewantara
01 Maret 2019 12:00 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Sebanyak 26 pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kulonprogo mengikuti pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan di Ruang Adikarta, kompleks Kantor Pemkab Kulonprogo, Kamis (28/2/2019).

Pejabat yang dilantik kemarin terdiri dari pimpinan tinggi pratama, administrator, pengawas, fungsional dan anggota Dewan Pengawas PD BPR Bank Pasar Kulonprogo.

Dari beragam formasi itu, terdapat satu posisi yang menonjol, yakni pada Asisten Perekonomian Pembangunan dan Sumber Daya Alam Sekertariat Daerah. Jabatan tersebut sebelumnya diisi Sukoco Kini beralih ke tangan mantan kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpangan) Kulonprogo, Bambang Tri Budi Harsono.

Untuk jabatan lain di bawah pimpinan OPD terdapat Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Kecil dan Pengelolaan Pelelangan Ikan Dinas Kelautan dan Perikanan yang sebelumnya dijabat Armansyah Gatotsubroto, kini diisi Sugiyarto yang dulu menjabat Seksi Pemberdayaan Nelayan Kecil. Untuk anggota pengawas PD BPR Bank Pasar Kulonprogo dijabat Suratno dan Ananto Pradono.

Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo berharap dengan promosi serta rotasi jabatan ini pelayanan dari pemerintah kepada masyarakat bisa meningkat. “Promosi serta rotasi merupakan mekanisme yang biasa dilakukan di lingkungan pemerintahan. Pengisiannya tetap lewat seleksi ketat agar memperoleh kandidat berkualitas,” ujarnya, Kamis.

Pelantikan kemarin berbarengan dengan pengambilan sumpah jabatan serta penyerahan 375 Surat Keputusan Calon Pegawai Negeri Sipil. Penyerahan itu diwakilkan empat orang CPNS berbagai bidang oleh Bupati. Hasto pun meminta kepada PNS baru agar memegang teguh komitmen mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih.

Hal itu diperlukan agar tercipta zona integritas dan pelayanan masyarakat yang lebih baik. PNS juga diimbau tidak hanya menyelesaikan masalah substansi semata, tapi juga bisa menyeluruh agar menciptakan pelayanan yang baik pada masyarakat.

Salah seorang CPNS, Saniati Badriah, yang diterima sebagai guru pendidikan dasar di Sekolah Dasar Kalimenur Sentolo, dan sebelumnya bekerja di SD Krebet mengaku senang dengan turunnya SK ini. Dia berharap dengan pengangkatan ini dirinya bisa bekerja kian profesional.