Advertisement

Catat! Dua Hari Lagi Volcano Run 2019 Digelar

Hafit Yudi Suprobo
Kamis, 07 Maret 2019 - 18:20 WIB
Arief Junianto
Catat!  Dua Hari Lagi Volcano Run 2019 Digelar Kepala Dispar Sleman Sudarningsih (tengah) dan Ketua Panitia Volcano Run 2019, Handiwa Thariq (kanan) memamerkan medali Volcano Run 2019 saat opening ceremony di atrium Jogja City Mall, Kamis (7/3/2019). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Event lomba lari di lereng Gunung Merapi bertajuk Volcano Run 2019 digelar, Minggu (10/3/2019) mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman, Sudarningsih, mengatakan Volcano Run 2019 sejalan dengan visi Sleman yang ingin menggalakkan sport tourism destination. Dia optimistis event tersebut bakal meningkatkan kunjungan wisatawan ke Bumi Sembada. “Volcano Run [2019] melengkapi event serupa yang sudah lima tahun kami gelar, yakni Sleman Temple Run yang tahun ini akan kami adakan pada Juli mendatang,” kata Sudarningsih ditemui di sela-sela acara opening ceremony Volcano Run 2018 di atrium Jogja City Mall, Kamis (7/3/2019).

Advertisement

Disinggung soal keamanan mengingat kondisi Merapi yang kini tengah aktif, dia menegaskan Dispar Sleman tetap berpedoman pada referensi dari Balai Penelitian Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG). "Nah selama ini luncuran [awan panas] masih dalam batas aman yang ditentukan oleh BPPTKG. Jadi masih aman untuk wisatawan," ujar dia.

Ketua Panitia Volcano Run 2019, Handiwa Thariq, mengatakan target awal peserta event tersebut hanya 2.000 orang. Namun lantaran tingginya antusiasme peserta, panitia, kata dia, akhirnya menambah kuota sebanyak 500 orang. “Tetapi kami putuskan maksimum peserta hanya 2.500 peserta karena menyangkut soal kenyamanan dan keamanan peserta. Sejak 23 Desember 2018 lalu, [tiket] sudah sold out," kata Handiwa.

Dia menjelaskan pengambilan paket lomba (racepack) bisa dilakukan pada 7-9 maret di Jogja City Mall sebagai RPC official venue. Peserta nantinya juga bakal mendapatkan fasilitas sejumlah cek medis, di antaranya pemeriksaan body composite analysis oleh Rumah Sakit JIH; pemeriksaan refraktometer dari RS Mata Dr. Yap; dan juga pemeriksaan body mass index dari RS Panti Rapih.

Disinggung soal rute, dia menjelaskan pelari nantinya akan start dari Museum Gunungapi Merapi (MGM), melintasi Jembatan Boyong, dam Boyong, dan finish kembali di Museum Gunungapi Merapi (MGM). "Lebih dari 2500 peserta telah terdaftar dalam ajang lari berskala internasional ini. Seperti dari pelari yang berasal dari Thailand, Amerika, Kanada, Singapura, dan Malaysia," kata Handiwa.

Sementara lomba itu akan terbagi jadi tiga kategori, yakni Family Fun Run sepanjang lima kilometer; Race sepanjang 10 kilometer; dan Halfway Marathon berjarak 21 kilometer. "Untuk yang 21 kilometer, start pukul 05.30 WIB; 10 kilometer pukul 06.00 WIB; dan lima kilometer start pukul 06.30 WIB," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 5 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rumah Tersangka Korupsi Timah Harvey Moeis Digeledah Kejagung, Sejumlah Kendaraan Mewah Disita

News
| Sabtu, 20 April 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement