Advertisement

Di Kecamatan Purwosari, Warga Amerika Serikat Masuk DPT

Rahmat Jiwandono
Jum'at, 08 Maret 2019 - 19:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Di Kecamatan Purwosari, Warga Amerika Serikat Masuk DPT Ilustrasi Pemilu - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Bawaslu Kabupaten Gunungkidul menemukan adanya seorang warga negara asing (WNA) dari New York, Amerika Serikat (AS) yang terdaftar di tempat pemungutan suara (TPS) Dusun Parangrejo, Desa Girijati, Kecamatan Purwosari. Bawaslu langsung berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Gunungkidul guna menindaklanjuti temuan tersebut.

Komisioner Bawaslu Gunungkidul, Rosita, mengatakan dari hasil koordinasi yang dilakukan bersama Disdukcapil, terdapat sepuluh orang WNA yang tinggal di Bumi Handayani. Saat dilakukan verifikasi ke Purwosari, Bawaslu tidak bertemu dengan WNA tersebut. “Kami hanya memperoleh Kartu Izin Tinggal Tetap (Kitap) yang tercantum dalam kartu keluarga (KK). WNA yang namanya masuk dalam DPT tidak memiliki KTP-el,” ujar Rosita saat dikonfirmasi Harian Jogja, Jumat (8/3/2019).

Advertisement

Rosita menyatakan, dari 10 WNA yang ada di Gunungkidul, sembilan di antaranya telah mengubah statusnya menjadi warga negara Indonesia (WNI). Kesembilan WNA tersebut tinggal di beberapa kecamatan seperti Girisubo dan Rongkop.

Di sisi lain, Disdukcapil Gunungkidul mengakui adanya kesalahan pemasukan data WNA. Contohnya, seorang WNA bernama Joan Marie yang tinggal di Desa Girijati, Kecamatan Purwosari.

Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani, mengaku mengetahui adanya temuan tersebut. Saat ini KPU tengah mengumpulkan dokumen terkait dengan data kependudukan milik WNA. Diakuinya, proses verifikasi dan klarifikasi terkendala tidak adanya WNA di lokasi tersebut. “Mereka [WNA] posisinya sedang ada di luar negeri,” ucap dia.

Dia menuturkan pengumpulan dokumen akan diambil dari pihak keluarga yang bersangukutan. “Jika semua dokumen sudah sesuai dengan ketentuan, maka akan kami coret dari DPT,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditanya soal Kemungkinan Maju di Pilkada, Kaesang Memilih Ini

News
| Jum'at, 26 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement