Advertisement

Pentas Kesenian Harus Untungkan Seniman dan Masyarakat

Rahmat Jiwandono
Selasa, 12 Maret 2019 - 15:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Pentas Kesenian Harus Untungkan Seniman dan Masyarakat Penampilan tari jatilan dari sanggar Serat Manunggal Jaranmati, Karangmojo yang digelar Minggu (10/3/2019). - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pentas kesenian bisa memberikan dampak ekonomi bagi warga di sekitar lokasi pementasan. Hal ini pula yang terjadi saat digelar pertunjukan jatilan yang digelar di lapangan Dusun Karangduwet, Desa Karangmojo I, Kecamatan Karangmojo, Minggu (10/3/2019) siang. Sejumlah seniman lokal unjuk kebolehan di acara tersebut, sementara warga berjualan di sekitar lokasi.

Ketua panitia pementasan, Bambang Tri, mengatakan saat ada pentas kesenian yang digelar di tempat terbuka, maka warga bakal berbondong-bondong menonton. Saat warga berkumpul, warga yang lain berjualan di lokasi. Menurutnya, pentas kesenian memberikan dampak ekonomi bagi warga.

Advertisement

"Untuk pentas jatilannya dimainkan oleh sanggar Serati Manunggal Jaranmati, Karangmojo," ujar Bambang, Minggu. Selain pentas jatilan, digelar pula tari bambangan cakil dan kirab pertiwi.

Menurut Bambang, bidang seni budaya tidak terbatas pada pementasan jatilan ataupun kesenian lainnya. Dia menilai pentas kesenian lebih punya dampak jika warga sekitar yang memiliki usaha dapat berjualan. "Tidak hanya pelaku kesenian saja yang diuntungkan, tetapi warga dan pedagang juga merasakan efeknya," katanya.

Salah seorang penonton, Agus Budiono, menuturkan pertunjukan kesenian jatilan atau reog merupakan gabungan kesenian reog dari Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur dan kearifan lokal. Ia mengatakan pertunjukan seni ini selain melestarikan kebudayaan juga menampilkan berbagai potensi kesenian lain. "Jadi potensi kesenian yang ada khususnya di Kecamatan Karangmojo harus terus dikembangkan," ujar Agus, Minggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik Dugaan Penggelembungan Harga APD Covid-19

News
| Sabtu, 20 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement