Tingkatkan Mutu Penginapan, Bantul Gelar Lomba Homestay

Ilustrasi Direktur Utama SMF, Ananta Wiyogo (tiga dari kiri) berjabat tangan seusai menandatangani kerja sama pembiayaan homestay di Desa Nglanggeran, Senin (11/2/2019). - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono
13 Maret 2019 11:57 WIB Kiki Luqmanul Hakim (ST16) Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Pariwisata (Dinpar) Bantul akan menggelar lomba homestay atau penginapan yang berada di kabupaten tersebut. Kegiatan itu untuk meningkatkan kualitas serta mutu penginapan di Bantul

Lomba tersebut akan dimulai pada 20 Maret hingga 21 Maret 2019 mendatang, pihak Dinpar telah membentuk tim juri untuk bagian penilaian, salah satunya melibatkan Kepala Dinpar Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo.

“Dalam lomba ini salah satu jurinya adalah Kepala Dinpar sendiri, selain itu ada tiga juri lainnya juga. Penilaiannya sendiri itu meliputi fasilitas, paket penginapan, lalu interaksi dari pihak penginapan kepada tamu juga akan kami nilai,” kata Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas Dinpar Kabupaten Bantul, Anthony Hutagaol ketika dihubungi Harian Jogja pada Senin (11/3/2019).

Dirinya juga menambahkan bahwa peserta lomba tersebut diutamakan dari sembilan desa yang mengikuti Lomba Best Of The Best Desa Wisata pada Februari lalu. “Karena penginapan itu pendukung untuk Desa Wisata jadi kalau Desa Wisata sudah jadi peserta Best Of The Best kemarin pasti penginapannya juga sudah layak,” tambahnya.

Nantinya pemenang juara lomba ini akan dipilih Dinpar untuk maju mewakili Kabupaten Bantul dalam lomba penginapan tingkat DIY.