Advertisement

Bikin Pembesuk Nyaman, Ini yang Dilakukan Rutan Wates…

Jalu Rahman Dewantara
Minggu, 17 Maret 2019 - 13:57 WIB
Sunartono
Bikin Pembesuk Nyaman, Ini yang Dilakukan Rutan Wates… llustrasi penjara. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO— Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Wates Kulonprogo berupaya memberikan layanan terbaik bagi pembesuk warga binaan. Salah satunya dengan melakukan renovasi ruang tunggu dan rencananya akan didirikan cafe dengan warga binaan sebagai peracik kopi.

Kepala Rutan Kelas IIB Wates, Deny Fajariyanto  mengatakan pihaknya terus mengoptimalkan pelayanan. Salah satunya yang kini dilakukan adalah merenovasi ruang tunggu bagi para pembesuk warga binaan. "Kemarin itu sempit banget sampai harus berdesakan, nah sekarang kami sedang renovasi, kemungkinan bulan ini sudah selesai," katanya dalam acara Donor darah bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kulonprogo itu diadakan di kantor rutan Kelas IIB Wates, Jumat (15/3/2019).

Advertisement

Deny menambahkan, untuk semakin menunjang kenyaman baik bagi pembesuk maupun pegawai, pihaknya juga berwacana membangun kedai kopi di area Rutan. Nantinya yang bakal menjadi percik kopi atau biasa disebut barista tak lain ialah warga binaan. "Saat ini masih memikirkan namanya apa, mungkin Cafe Bui atau apalah," ujarnya.

Dalam acara donor darah itu, sebanyak 40 pegawai Rutan ikut serta dalam aksi donor darah untuk memeriahkan rangkaian Hari Bhakti Pemasyarakatan ke 55. Ia mengatakan aksi ini sebagai bentuk rasa berbagi dengan sesama. Dia berharap darah yang telah didonorkan para koleganya bisa membantu masyarakat yang membutuhkan. "Kami sudah tiap tahun mengadakan ini, di samping memeriahkan Hari Bhakti Pemasyarakatan, juga sekaligus ajang bakti sosial," kata Deny.

Dikatakan Deny, kegiatan ini juga serentak dilakukan oleh seluruh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rutan yang ada di Indonesia. Adapun puncak acara rangkaian Hari Bhakti Pemasyarakatan 2019 akan diperingati pada 27 April mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement